TY  - THES
A1  - Rahayu, Erni
TI  - IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN
DI SD NEGERI VIDYA QASANA
PB  - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
M1  - skripsi
UR  - http://eprints.uny.ac.id/82093/
Y1  - 2024/05/27/
ID  - UNY82093
N2  - Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi pendidikan
karakter peduli lingkungan di SD Negeri Vidya Qasana. Selain itu, mengungkapkan
keunikan yang ada di sekolah tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan
jenis studi kasus. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas, dan
siswa kelas II, III, IV, dan V. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model
interaktif Miles, Huberman, & Saldana (2014) yakni pengumpulan data, penyajian
data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan
uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter
peduli lingkungan dilaksanakan melalui: (1) Kebijakan sekolah berwawasan
lingkungan, RKAS, keteladanan, tindakan spontan, kebiasaan rutin, dan
pengkondisian. (2) Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan melalui
perencanaan dan pelaksanaan pendidikan lingkungan hidup. (3) Kegiatan
lingkungan berbasis partisipatif dengan pemeliharaan gedung dan lingkungan,
kegiatan ekstrakurikuler, kreativitas dan inovasi dari bahan bekas, serta kerjasama
dengan berbagai pihak. (4) Pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan
melalui kelengkapan sarana dan prasarana, pemeliharaan sarana dan prasarana,
pemanfaatan listrik, air, dan ATK, serta pelayanan kantin sehat.
Kata kunci: implementasi, pendidikan karakter, peduli lingkungan
AV  - restricted
ER  -