relation: http://eprints.uny.ac.id/82093/
title: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN  DI SD NEGERI VIDYA QASANA
creator: Rahayu, Erni
subject: Etika
subject: Media Pendidikan
subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
description: Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi pendidikan  karakter peduli lingkungan di SD Negeri Vidya Qasana. Selain itu, mengungkapkan  keunikan yang ada di sekolah tersebut.  Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan  jenis studi kasus. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas, dan  siswa kelas II, III, IV, dan V. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik  observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model  interaktif Miles, Huberman, & Saldana (2014) yakni pengumpulan data, penyajian  data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan  uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan teknik.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter  peduli lingkungan dilaksanakan melalui: (1) Kebijakan sekolah berwawasan  lingkungan, RKAS, keteladanan, tindakan spontan, kebiasaan rutin, dan  pengkondisian. (2) Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan melalui  perencanaan dan pelaksanaan pendidikan lingkungan hidup. (3) Kegiatan  lingkungan berbasis partisipatif dengan pemeliharaan gedung dan lingkungan,  kegiatan ekstrakurikuler, kreativitas dan inovasi dari bahan bekas, serta kerjasama  dengan berbagai pihak. (4) Pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan  melalui kelengkapan sarana dan prasarana, pemeliharaan sarana dan prasarana,  pemanfaatan listrik, air, dan ATK, serta pelayanan kantin sehat.  Kata kunci: implementasi, pendidikan karakter, peduli lingkungan
date: 2024-05-27
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/82093/1/SKRIPSI%20ERNI%20RAHAYU%20FIX%20AAMIIN%20BISMILLAH.pdf
identifier:   Rahayu, Erni  (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SD NEGERI VIDYA QASANA.  S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.