@phdthesis{UNY8209, school = {UNY}, year = {2012}, month = {May}, title = {Pengaruh Metode Inkuiri dan Pemberian Tugas Terhadap Aktivitas dan Pemahaman Konsep Sains Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Orong Telu Kabupaten Sumbawa-NTB}, author = {Ibrahim Ibrahim}, keywords = {metode inkuiri, pemberian tugas, aktivitas dan pemahaman konsep sains}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran sains dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep sains siswa kelas VII SMP Negeri 1 Orong Telu Kabupaten Sumbawa-NTB; (2) penerapan metode pemberian tugas dalam pembelajaran sains dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep sains siswa kelas VII SMP Negeri 1 Orong Telu Kabupaten Sumbawa-NTB; (3) perbedaan metode inkuiri dan pemberian tugas dalam pembelajaran sains untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep sains siswa kelas VII SMP Negeri 1 Orong Telu Kabupaten Sumbawa-NTB; dan (4) pengaruh metode inkuiri dan pemberian tugas terhadap aktivitas dan pemahaman konsep sains siswa kelas VII SMP Negeri 1 Orong Telu Kabupaten Sumbawa-NTB. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-eksperimen dengan desain eksperimen ?Nonequivalent Groups Pretest-Posttest Control?. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Orong Telu Kabupaten Sumbawa-NTB yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah 78 siswa. Sampel dipilih secara acak untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Variabel bebas adalah metode inkuiri dan pemberian tugas, sedangkan variabel terikat meliputi aktivitas siswa dan pemahaman konsep sains. Instrumen penelitian adalah lembaran penilaian aktivitas siswa dan tes pemahaman konsep sains. Teknik analisis data menggunakan t-test dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran sains dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep sains siswa kelas VII SMP Negeri 1 Orong Telu Kabupaten Sumbawa-NTB secara signifikan; (2) penerapan metode pemberian tugas dalam pembelajaran sains tidak dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep sains siswa kelas VII SMP Negeri 1 Orong Telu Kabupaten Sumbawa-NTB secara signifikan; (3) penerapan metode inkuiri dan pemberian tugas dalam pembelajaran sains mempunyai perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep sains siswa kelas VII SMP Negeri 1 Orong Telu Kabupaten Sumbawa-NTB; dan (4) penerapan metode inkuiri dan pemberian tugas dalam pembelajaran sains mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap aktivitas dan pemahaman konsep sains siswa kelas VII SMP Negeri 1 Orong Telu Kabupaten Sumbawa-NTB. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran sains dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep sains siswa kelas VII SMP Negeri 1 Orong Telu Kabupaten Sumbawa-NTB.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/8209/} }