%0 Thesis
%9 S1
%A Lestari, Erlin Indah
%B PGSD
%D 2024
%F UNY:82087
%I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
%T TINGKAT KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS V SD NEGERI  NGEBUNG BERAN PANJATAN KULON PROGO
%U http://eprints.uny.ac.id/82087/
%X Keterampilan sosial penting dikembangkan sejak dini guna menghadapi berbagai  hal yang terjadi berkaitan dengan interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan tingkat keterampilan sosial siswa kelas V SD Ngebung Beran  Kapanewon Panjatan Kabupaten Kulon Progo.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah 21  siswa kelas V SD Negeri Ngebung Beran Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel penelitian  diambil dengan teknik total sampling yaitu seluruh populasi menjadi sampel penelitian.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi.  Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan sosial  siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat keterampilan sosial yaitu 20,1%  siswa kelas V SD Negeri Ngebung Beran masih dalam kategori keterampilan sosial  rendah, 57,1% siswa dalam kategori keterampilan sosial sedang, dan 23,8% siswa  dalam kategori keterampilan sosial tinggi.  Kata kunci: pembelajaran IPS, keterampilan sosial