%I UNY %D 2012 %T Pengaruh Strategi Peta Konsep Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran IPA di SMPN 3 Kertak Hanyar Kabupaten Banjar %L UNY8206 %K strategi peta konsep, motivasi belajar, pemahaman konsep %A Rahmi Etika %X Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh penerapan strategi peta konsep terhadap motivasi belajar dalam pembelajaran IPA di SMPN 3 Kertak Hanyar Kabupaten Banjar, 2) mengetahui pengaruh penerapan strategi peta konsep terhadap pemahaman konsep dalam pembelajaran IPA di SMPN 3 Kertak Hanyar Kabupaten Banjar, 3) dan mengetahui perbedaan motivasi belajar dan pemahaman konsep antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan strategi peta konsep dan strategi pengajaran langsung dalam pembelajaran IPA di SMPN 3 Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experiments, dengan desain pretest-postest kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kertak Hanyar Kabupaten Banjar Propinsi Kalimantan Selatan semester II tahun ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dengan purposive sampling dari empat kelas diambil dua kelas yang terdiri dari 29 peserta didik diajar dengan strategi peta konsep, dan 30 peserta didik diajar dengan strategi pengajaran langsung. Data penelitian dikumpulkan melalui angket untuk motivasi belajar, dan tes untuk pemahaman konsep. Diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Validitas dan realibilitas instrumen dihitung dengan program Iteman. Analisis data menggunakan statistik uji independent samples test untuk mengetahui peningkatan strategi peta konsep terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep dalam pembelajaran IPA. Analisis uji MANOVA digunakan untuk mengetahui perbedaan peningkatan motivasi belajar dan pemahaman konsep antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran strategi peta konsep dan strategi dengan pengajaran langsung dalam pembelajaran IPA. Hasil penelitian yang didasarkan uji-t menunjukkan bahwa.1) Perbedaan hasil rata-rata sesudah pembelajaran motivasi belajar kedua kelompok adalah dengan nilai t-test = 2,279, p = 0,026 pada α = 0,05 artinya ada peningkatan strategi peta konsep yang signifikan terhadap motivasi belajar dalam pembelajaraan IPA di SMPN 3 Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. 2) Perbedaan hasil rata-rata sesudah pembelajaran pemahaman konsep kedua kelompok adalah nilai t-test = 5,143, p = 0,000 pada α = 0,05, artinya ada peningkatan strategi peta konsep yang signifikan terhadap pemahaman konsep dalam pembelajaran IPA di SMPN 3 Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. 3) Dan hasil uji MANOVA dengan nilai p = 0,000 pada α = 0,05, menunjukkan perbedaan peningkatan yang signifikan terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran strategi peta konsep dan strategi dengan pengajaran langsung dalam pembelajaran IPA di SMPN 3 Kertak Hanyar Kabupaten Banjar.