%0 Thesis %9 S1 %A Sabrila, Safa %B PGSD %D 2024 %F UNY:82046 %I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TIPE SSCS (SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE) BERBANTUAN KARTU MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS V SD NEGERI 2 CEPOKOJAJAR PADA MATERI PECAHAN %U http://eprints.uny.ac.id/82046/ %X Berpikir kritis dalam proses pembelajaran matematika memiliki peran penting untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan dalam menyelesaikan masalah sehingga dapat dihasilkan suatu penyelesaian akhir yang didasarkan pada kesimpulan yang akurat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan dan pengaruh model pembelajaran Problem Solving tipe SSCS (Search, Solve, Create, and Share) berbantuan kartu masalah terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas V sekolah dasar pada materi pecahan. Metode penelitian yang dilakukan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di kelas V SD Negeri 2 Cepokojajar dengan sampel 24 siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan 24 siswa kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan tes kemampuan berpikir kritis matematis. Instrumen penelitian berupa lembar tes kemampuan berpikir kritis matematis yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Data hasil penelitian yang diperoleh disajikan dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, yaitu menggunakan teknik analisis uji-t independen yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 78,82 berada pada kategori baik, sedangkan rata-rata nilai posttest yang diperoleh kelas kontrol adalah 69,88 berada pada kategori baik. Selisih rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 8,94 atau 6%. Berdasarkan hasil uji-t maka diperoleh nilai thitung sebesar 3,554 lebih besar dari ttabel sebesar 2,012 (3,554 > 2,012) dan nilai signifikansinya sebesar 0,01 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,01 < 0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Solving tipe SSCS (Search, Solve, Create, and Share) berbantuan media kartu masalah terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas V sekolah dasar. Kata Kunci: Berpikir