<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL\r\nTEACHING LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN\r\nHASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD\r\nMUHAMMADIYAH 2 WONOPETI"^^ . "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh observasi awal yang menunjukkan\r\nkondisi kelas selama proses pembelajaran kurang kondusif. Siswa kurang antusias,\r\nasik sendiri, dan beberapa terlihat jenuh serta mengantuk selama pembelajaran\r\nberlangsung. Selain itu, nilai rata-rata latihan soal siswa pada mata pelajaran\r\nmatematika belum mencapai nilai KKM. Hal ini menunjukkan bahwa keaktifan dan\r\nhasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika masih rendah. Oleh karena itu,\r\nmodel pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa\r\nadalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan\r\npenelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada\r\nmata pelajaran matematika di kelas III SD Muhammadiyah 2 Wonopeti melalui\r\npenerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL).\r\nMetode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas\r\ndengan subjek penelitian siswa kelas III SD Muhammadiyah 2 Wonopeti yang\r\nberjumlah 10 siswa. Desain penelitian menggunakan Kemmis & Mc Taggart, yang\r\nterdiri dari tiga tahapan penelitian yaitu: (1) perencanaan; (2) tindakan dan\r\nobservasi; (3) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes.\r\nInstrumen berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data\r\nmenggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Kriteria keberhasilan: (1)\r\nketerlaksanaan model pembelajaran CTL adalah 80%; (2) hasil belajar adalah 80%\r\ndari jumlah keseluruhan siswa yang telah mencapai nilai KKM ≥75; (3) keaktifan\r\nsiswa yaitu ≥80% dari jumlah keseluruhan siswa serta adanya peningkatan pada\r\nsetiap siklus.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persentase keterlaksanaan model\r\npembelajaran CTL pada siklus I adalah 87,5%, kemudian pada siklus II meningkat\r\nmenjadi 95,83%; (2) persentase keaktifan siswa pada siklus I adalah 68% dengan\r\nkualifikasi aktif, kemudian meningkat menjadi 87,5% dengan kualifikasi sangat\r\naktif pada siklus II; (3) persentase hasil belajar atau jumlah siswa tuntas yang\r\nmencapai KKM pada pra siklus yaitu 20%, kemudian setelah dilakukan tindakan\r\ndengan menggunakan model pembelajaran CTL, persentase jumlah siswa tuntas\r\nmeningkat menjadi 70% pada siklus I, kemudian pada siklus II meningkat menjadi\r\n90%. Perolehan persentase tersebut terbilang sudah mencapai kriteria keberhasilan\r\ntindakan pada penelitian ini.\r\nKata Kunci: Keaktifan siswa, hasil belajar, model pembelajaran Contextual\r\nTeaching and Learning (CTL)"^^ . "2024-05-20" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . . . . . . . "Kornilius"^^ . "Andri"^^ . "Kornilius Andri"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL\r\nTEACHING LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN\r\nHASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD\r\nMUHAMMADIYAH 2 WONOPETI (Text)"^^ . . . "PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL\r\nTEACHING LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN\r\nHASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD\r\nMUHAMMADIYAH 2 WONOPETI (Other)"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL\r\nTEACHING LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN\r\nHASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD\r\nMUHAMMADIYAH 2 WONOPETI (Other)"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL\r\nTEACHING LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN\r\nHASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD\r\nMUHAMMADIYAH 2 WONOPETI (Other)"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL\r\nTEACHING LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN\r\nHASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD\r\nMUHAMMADIYAH 2 WONOPETI (Other)"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL\r\nTEACHING LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN\r\nHASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD\r\nMUHAMMADIYAH 2 WONOPETI (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #82011 \n\nPENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL \nTEACHING LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN \nHASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD \nMUHAMMADIYAH 2 WONOPETI\n\n" . "text/html" . . . "Matematika"@en . . . "Media Pendidikan" . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . .