TY  - THES
ID  - UNY82010
TI  - HUBUNGAN KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN
DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SD GUGUS WIROKUNTOLO
KECAMATAN KARANGSAMBUNG KABUPATEN KEBUMEN
A1  - Siamita, Rindika
M1  - skripsi
UR  - http://eprints.uny.ac.id/82010/
Y1  - 2024/05/20/
PB  - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
N2  - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara
keterlibatan orang tua dalam pembelajaran dengan prestasi belajar siswa SD Gugus
Wirokuntolo Kecamatan Karangsambung. Tujuan tersebut berasal dari masalah yang
ditemukan berupa orang tua yang kesulitan menggunakan platform untuk pembelajaran
daring.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian
korelasional. Teknik pengumpulan data berupa skala dan dokumentasi. Penelitian ini
dilakukan diseluruh SD Gugus Wirokuntolo Kecamatan Karangsambung dengan
sampel sebanyak 264 orang. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis (korelasi
product moment).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang tidak signifikan
antara keterlibatan orang tua dalam pembelajaran dengan prestasi belajar siswa SD
Gugus Wirokuntolo Kecamatan Karangsambung. Hal ini ditunjukan dengan nilai
signifikansi person product moment sebesar 0,000, karena nilai tersebut lebih kecil dari
0,05 maka terdapat hubungan, lalu untuk tingkat hubungan pada kategori rendah
dengan nilai 0,269 sehingga dikatakan tidak signifikan. Artinya prestasi belajar siswa
tidak terlalu disebabkan oleh keterlibatan orang tua.
Kata kunci: Keterlibatan Orang Tua dalam Pembelajaran, Prestasi Belajar
AV  - restricted
ER  -