TY - THES AV - public A1 - DESTY NUR, DWI A PB - UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TI - KEEFEKTIFAN TEKNIK MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI EKSPOSITORIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 NGAGLIK SLEMAN DIY Y1 - 2012/06// ID - UNY8199 UR - http://eprints.uny.ac.id/8199/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan perbedaan yang signifikan dalam keterampilan menulis narasi ekspositoris antara kelompok yang menggunakan teknik Mind Mapping dengan kelompok yang tidak menggunakan teknik Mind Mapping. Penelitian ini juga bertujuan untuk membuktikan tingkat keefektifan teknik Mind Mapping terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ngaglik Sleman DIY dalam keterampilan menulis narasi ekspositoris. Metode penelitian ini menggunakan quasi experiment design karena penelitian ini menggunakan subyek penelitian berupa manusia yang tidak dapat dikontrol sepenuhnya oleh peneliti. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ngaglik, Sleman, Yogyakarta, sebanyak 145 siswa yang terdiri dari empat kelas, yaitu kelas VIII A, VIII B, VIII C, dan VIII D. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan kebijakan dari pihak sekolah. Berdasarkan pengambilan sampel dengan teknik tersebut diperoleh dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yaitu pretes dan postes menulis narasi. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah soal tes esai menulis narasi. Uji validitas instrumen dilakukan dengan validitas isi (content validity) dan berkonsultasi dengan ahlinya (Expert Judgment), sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan hasil hitungan 0,738. Setelah itu dilakukan uji normalitas dengan menggunakan teknik Kolmogorov Smirnov (K.S). Untuk uji homogenitas menggunakan tabel anova, data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunkan teknik Uji-t yang dilanjutkan dengan Uji scheffe untuk mengetahui tingkat keefektifan teknik. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan skor postes kemampuan menulis narasi siswa kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Hal ini terbukti dari hasil uji-t skor Postes kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diketahui nilai t sebesar 2,676 dengan df 71 pada signifikansi 5% diperoleh nilai 0,009. Hasil tersebut menunjukkan ada perbedaan kemampuan menulis narasi antara siswa kelompok eksperimen dengan siswa kelompok kontrol Sig. (2- tailled) < 0,05. Selanjutnya, untuk hasil uji scheffe skor pretes dan postes eksperimen F? hitung (F?h) sebesar 125,730; F? tabel (F?t) sebesar 7,263; df = 71; signifikansi 0,09. Dengan demikian, teknik Mind Mapping lebih efektif digunakan dalam menulis narasi daripada tanpa menggunakan teknik Mind Mapping. M1 - skripsi ER -