TY - THES Y1 - 2024/05/20/ TI - PENGARUH KETELADANAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DI GUGUS I KEMANTREN KOTAGEDE UR - http://eprints.uny.ac.id/81972/ M1 - skripsi AV - restricted N2 - Keteladanan guru dan motivasi belajar mempunyai pengaruh terhadap kedisiplinan belajar. Dengan keteladanan guru dan motivasi belajar yang tepat, maka memungkinan siswa untuk memilki tingkat kedisiplinan belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh keteladanan guru dan motivasi belajar terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas V di Gugus I Kemantren Kotagede. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 117 siswa yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel berdasarkan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan sampling sebesar 5% dari jumlah populasi yang mencapai 166 siswa. Untuk menganalisis pengaruh setiap variabel, penelitian ini menggunakan metode uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan yaitu: 1) keteladanan guru berpengaruh secara signifikan terhadap kedisiplinan belajar siswa; 2) motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap kedisiplinan belajar siswa; 3) keteladanan guru dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kedisiplinan belajar siswa dibuktikan dengan sumbangan efektif sebesar 55,9%. Kata Kunci : keteladanan guru, motivasi belajar, kedisiplinan siswa ID - UNY81972 PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi A1 - Ary Saputri, Adhistasya Mahiswara ER -