TY - THES PB - UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA A1 - Yan , Fedrik Y1 - 2012/09// N2 - Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pendidikan kimia yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran ikatan kimia untuk SMA/MA kelas XI IPA semester 1 dan mengetahui kualitas perangkat pembelajaran yang dihasilkan berdasarkan penilaian 5 guru kimia SMA/MA. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari silabus, RPP, LKS, media powerpoint, dan handout. Produk awal perangkat pembelajaran kimia ditinjau oleh3 orang peer reviewer, kemudian oleh seorang ahli materi dan seorang ahli media. Kualitas perangkat pembelajaran kimia ditentukan berdasarkan hasil penilaian 5 orang reviewer, yaitu 5 orang guru kimia SMA/MA. Hasil penelitian pengembangan ini berupa produk akhir perangkat pembelajaran ikatan kimia untuk SMA/MA kelas XI IPA semester 1. Berdasarkan penilaian 5 guru kimia, perangkat pembelajaran ikatan kimia terdiri dari silabus, RPP, LKS, media powerpoint, dan handout termasuk dalam kategori kualitas Baik (B).Persentase keidealan tiap komponenberturut-turut adalah76,86% ; 78,40% ; 83,00% ; 83,00% ; dan 84,00%. UR - http://eprints.uny.ac.id/8197/ ID - UNY8197 M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA UNTUK SMA/MA KELAS XI IPA SEMESTER 1 AV - public ER -