%I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %T Korelasi Pemahaman Materi Permainan Bola Besar, Peran Guru PJOK dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar PJOK Peserta didik SD Kanisius Kalasan %D 2024 %O Dosen Pembimbing: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes. %L UNY81944 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Korelasi Pemahaman Materi Permainan Bola Besar terhadap Hasil Belajar PJOK, Peran Guru PJOK dengan Hasil Belajar PJOK. Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PJOK, Pengaruh Pemahaman Materi Permainan Bola Besar, Peran Guru PJOK dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PJOK Peserta didik di SD Kanisius Kalasan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasi. Penelitian ini dilakukan di SD Kanisius Kalasan. Waktu Penelitian adalah 19 Januari-08 Maret 2024. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas atas, yaitu kelas 5 dengan jumlah 37 peserta didik di SD Kanisius Kalasan. Pengumpulan data menggunakan lembar soal untuk pemahaman materi permainan bola besar, Pengumpulan data menggunakan lembar angket pernyataan untuk Peran Guru dan Motivasi belajar, dan pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk Hasil Belajar PJOK. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Korelasi Pearson Correlation. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara pemahaman materi permainan bola besar terhadap hasil belajar PJOK peserta didik di SD Kanisius Kalasan dengan nilai pearson correlation = 0.460 dan p-value (sig-2tailed) sebesar 0.004. Terdapat korelasi signifikkan antara peran guru PJOK dengan hasil belajar PJOK di SD Kanisius Kalasan dengan nilai pearson correlation = 0.546 dan p-value (sig-2tailed) sebesar 0.000. Terdapat korelasi signifikkan antara motivasi belajar dengan hasil belajar PJOK di SD Kanisius Kalasan dengan nilai pearson correlation = 0.673 dan p-value (sig-2tailed) sebesar 0.000. Adanya pengaruh signifikkan antara Pemahaman Materi Permainan Bola Besar, Peran Guru PJOK dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PJOK Peserta didik di SD Kanisius Kalasan. %K hasil belajar, motivasi belajar, pemahaman, peran guru %A Stefanus Prasetyo Yudi Susanto