%K pengembangan, perangkat pembelajaran, unsur logam, dan kualitas. %A L Veronica %X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pendidikan kimia yang bertujuan untuk mengembangkan dan pengetahuan kualitas perangkat pembelajaran unsur logam untuk SMA/MA kelas XII semester 1. Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural. Prosedur pengembangan terdiri atas tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksanaan. Masing-masing tahap terdiri atas beberapa langkah penelitian. Produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), handout, lembar kerja siswa (LKS) dan media powerpoint. Perangkat pembelajaran diberi masukan oleh satu orang dosen pembimbing, tiga orang peer reviewer, satu orang ahli materi, satu orang ahli media. Kualitas perangkat pembelajaran dinilai oleh lima orang reviewer (pendidik kimia SMA/MA) di Provinsi Kalimantan Barat khususnya Kabupaten Landak dan Kabupaten Bengkayang dengan cara mengisi instrumen penilaian Hasil pengembangan menunjukan bahwa jumlah skor rata-rata 40,16 dan persentase keidealan 81,93% sehingga kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Baik (B). Kata kunci: pengembangan, perangkat pembelajaran, unsur logam, dan kualitas. %L UNY8194 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %D 2012 %T PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNSUR LOGAM UNTUK SMA/MA KELAS XII SEMESTER 1