@phdthesis{UNY8188, school = {UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA}, year = {2012}, month = {August}, title = {PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK PEMBELAJARAN KIMIA MATERI UNSUR TRANSISI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK KELAS XIi SMA/MA}, author = {Amir Sufatmi }, keywords = {handout, kontekstual, unsur transisi, sumber belajar mandiri peserta didik kelas XII SMA/MA. }, url = {http://eprints.uny.ac.id/8188/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan handout berbasis kontekstual untuk pembelajaran kimia materi unsur transisi sebagai sumber belajar mandiri peserta didik kelas XII SMA/MA, kemudian menentukan kualitas dari handout tersebut. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural, yaitu model bersifat deskriptif yang menggambarkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Handout ditinjau oleh (1) dosen pembimbing sekaligus merangkap sebagai ahli materi dan ahli media, dan (2) peer reviewer . Handout kemudian dinilai oleh 5 orang guru kimia SMA/MA untuk menentukan kualitas handout tersebut. Analisis kualitatif menggunakan standar kriteria kategori penilaian ideal. Hasil penelitian ini adalah handout berbasis kontekstual untuk pembelajaran kimia materi unsur transisi sebagai sumber belajar mandiri. Berdasarkan penilaian oleh 5 orang guru kimia SMA/MA, skor rata-rata ( ) produk ini adalah 88. Skor rata-rata lebih dari 88 ({\ensuremath{>}}71.4). Oleh karena itu handout yang telah dikembangkan tersebut mempunyai kualitas baik (B) dan dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri untuk peserta didik kelas XII SMA/MA. Kata kunci: handout, kontekstual, unsur transisi, sumber belajar mandiri peserta didik kelas XII SMA/MA. } }