TY - THES ID - UNY81809 M1 - disertasi AV - restricted TI - Pengembangan Model Penilaian Multiguna dalam Pembelajaran Menulis Argumentatif dengan Metode Pembelajaran Bauran KW - Penilaian sebagai KW - untuk KW - dan akhir pembelajaran KW - menulis argumentatif KW - pembelajaran bauran UR - http://eprints.uny.ac.id/81809/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganilisis kebutuhan model penilaian multifungsi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran keterampilan menulis argumentatif berbasis pembelajaran bauran, 2) mengembangkan desain dan produk model penilaian, 3) menganalisis kualitas instrumen model penilaian yang dikembangkan, 4) memperoleh profil penilaian keterampilan menulis mahasiswa, dan 5) menganalisa sejauhmana model diimplementasikan, dan diterima oleh mahasiswa dan dosen. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Design oleh Plomp yang terdiri dari 1) tahapan penelitian pendahuluan yang dilakukan dengan mengidentifikasi masalah melalui kajian teoretik, empiris, dan analisis kebutuhan, 2) tahapan pengembangan dilakukan dengan melakukan perencanaan dan menyiapakan prototype model penilaian berupa spesifikasi model, seperangkat instrument penilaian, dan prosedur penilaian, dan 3) tahapan evaluasi dilakukan dengan mengimplementasikan model penilaian dalam proses pembelajaran. Studi analisis kebutuhan melibatkan 165 mahasiswa dan 5 dosen universitas Tadulako, Palu. Proses uji coba awal instrumen perangkat penilaian melibatkan limabelas mahaiswa, sedangkan uji coba keterbacaan melibatkan 42 mahasiswa dan 2 dosen kolaborator Universitas Tadulako. Selanjutnya uji coba lapangan utama melibatkan 36 mahasiswa Universitas Tadulako dan 15 mahasiswa IUN Datokarama, Palu. Validitas instrumen dibuktikan dengan validitas isi yang melibatkan 4 orang ahli dan disimpulkan dengan formula Aiken. Validitas item dan estimasi reliabilitas dibuktikan dengan analisis Many-Facet Rasch Measurement (MFRM). Kualitas penskoran yang dilakukan oleh 2 rater dianalisis dengan menggunakan MFRM dan inter rater coefficient correlation (ICC). Profil keterampilan menulis mahasiswa hasil uji coba dianalisis dengan statistic deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Mahasiswa dan dosen membutuhkan model penilaian multiguna dalam pembelajaran keterampilan menulis. 2) Dihasilkan model penilaian multiguna dalam pembelajaran keterampilan menulis melalui pembelajaran bauran terdiri dari desain model, spesifikasi model, dan komponen model; 3) Kualitas model dibuktikan dengan validitas isi dan konstruk item instrumen. Semua produk sebagai perangkat model dinyatakan layak oleh pakar melalui nilai validitas Aiken. Parameter kualitas item instrumen penilaian dibuktikan dengan validitas dan indeks reliabilitas instrument berdasarkan kriteria Rasch Measurement. Indeks stabilitas pemberikan skor oleh rater juga menunjukan hasil yang baik berdasarkan kriteria Cronbach Alpha dan nilai ICC. (4) Profile keterampilan menulis mahasiswa dijelaskan secara komprehensif meliputi; penilaian formatif dan sumatif. 5) Model yang diimplemtasikan memiliki kualitas baik, berdampak pada kualitas hasil tulisan mahasiswa dan diterima oleh mahasiswa dan dosen. Oleh karena itu dosen perlu memahami kemampuan kognitif dan literasi IT mahasis. Y1 - 2024/01/09/ A1 - Thamrin, Nur Sehang A1 - Madya, Suwarsih PB - Sekolah Pascasarjana ER -