TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/81791/ AV - public TI - Survei Tingkat Pengetahuan Pertolongan Pertama Cedera Pada Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar se-Kapanewon Sewon, Kabupaen Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta M1 - skripsi KW - pengetahuan KW - pertolongan pertama cedera KW - metode RICE ID - UNY81791 PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan A1 - Sujono, Ratih Kumalasari Y1 - 2024/04/03/ N2 - Banyak kejadian cedera olahraga yang terjadi pada lingkungan pendidikan, tetapi tidak semua guru tahu dan mampu memberikan pertolongan pertama serta menangani cedera dengan cara yang tepat sehingga dapat menyebabkan bertambah parahnya cedera. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat Pengetahuan Pertolongan Pertama Cedera Pada Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar se-Kapanewon Sewon Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei dan dijabarkan secara deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah guru PJOK Sekolah Dasar se-Kapanewon Sewon Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta yang berjumlah 52 orang dari 34 sekolah dasar. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang sudah di uji validasinya dan reliabilitasnya sehingga didapatkan nilai Alpha Cronbach sebesar 0,601. Hasil analisis data akan dideskripsikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan Bahwa Tingkat Pengetahuan Pertolongan Pertama Cedera Metode RICE (Rest, Ice, Compression, Elevation) pada guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar se-Kapanewon Sewon Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta dengan frekuensi terbanyak berada pada kategori baik sebesar 35,8%. Tingkat pengetahuan dengan kategori sangat baik sebesar 0%, baik sebesar 35,8%, cukup sebesar 28,4%, kurang sebesar 3,0% dan sangat kurang sebesar 10,4%. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa Tingkat Pengetahuan Pertolongan Pertama Cedera Dengan Metode RICE pada guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar se-Kapanewon Sewon adalah baik. N1 - Dosen Pembimbing: Eka Novita Indra, M.Kes. ER -