@phdthesis{UNY81789, title = {ANALISIS KECEMASAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 1 BARONGAN DAN EFIKASI DIRI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi}, year = {2024}, author = {Devinda Oktarina}, month = {April}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perilaku siswa kelas IV SDN 1 Barongan yang menunjukkan gejala kecemasan matematika; (2) mengetahui perilaku siswa kelas IV SDN 1 Barongan yang menunjukkan efikasi diri dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Barongan yang terletak di Paten, Sumberagung, Kapanewon Jetis, Kabupaten Bantul. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV SD N 1 Barongan, dengan obyek sebanyak dua puluh satu siswa. Sumber data dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling. Sumber data primer penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 1 Barongan, dan sumber data sekunder penelitian ini adalah dokumen, foto, video, dan catatan-catatan pendukung. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi dengan instrumen berupa pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan model analisis Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kecemasan matematika tingkat sedang yang terlihat pada perilaku 4 siswa yang kurang bersemangat, menunda pekerjaan bahkan berjalan-jalan dikelas. Sementara itu, 17 siswa menunjukkan kecemasan ringan. 17 dari 21 siswa menunjukkan efikasi diri tinggi yang tercermin dalam semangat dan keyakinan mereka saat mendapat soal yang lebih sulit. Sedangkan 4 dari 21 siswa menunjukkan efikasi diri yang rendah dengan tidak yakin dan tidak aktif saat pembelajaran. Kata Kunci : Kecemasan Matematika, Efikasi Diri}, url = {http://eprints.uny.ac.id/81789/} }