TY - THES TI - Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik Ekstrakurikuler Karate Studi Kasus di SMP Negeri 8 Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024 KW - ekstrakurikuler karate KW - Tes Kesegaran Jasmani Indonesia KW - tingkat kebugaran jasmani PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Y1 - 2024/04/24/ N1 - Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Sugeng Purwanto, M.Pd. M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/81769/ A1 - Maulud, Seno Nyoman Yasir AV - public ID - UNY81769 N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tingkat kebugaran jasmani peserta didik ekstrakurikuler karate di SMP Negeri 8 Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode survei dengan tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik ekstrakurikuler karate di SMP Negeri 8 Yogyakart yang berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tes praktik dan pengukuran seluruh populasi dan sampel yang menjalani rangkaian tes dengan runtut sesuai petunjuk pelaksanaan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk usia 13-15 tahun. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kebugaran jasmani peserta didik ekstrakurikuler karate di SMP Negeri 8 Yogyakarta memperoleh 0 (0%) peserta didik dalam klasifikasi baik sekali, 2 (16,67%) peserta didik dalam klasifikasi baik, 3 (25%) peserta didik dalam klasifikasi sedang, 7 (58,33%) peserta didik dalam klasifikasi kurang, 0 (0%) peserta didik dalam klasifikasi kurang sekali. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat kebugaran jasmani peserta didik ekstrakurikuler karate di SMP Negeri 8 Yogyakarta yaitu dalam klasifikasi kurang. Bagi pelatih dari hasil tersebut dapat dijadikan acuan untuk membuat program-program latihan dan bagi peserta didik dapat mengikuti jadwal proram latihan dari pelatih. ER -