TY - THES TI - Kesiapan Mengajar Guru Pendidikan Jasmani Berdasarkan Kurikulum Merdeka SMA dan SMK Kapanewon Imogiri KW - kurikulum merdeka KW - pendidikan jasmani KW - guru N1 - Dosen Pembimbing: Herka Maya Jatmika, M.Pd. PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Y1 - 2024/01/25/ M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/81752/ A1 - Widiyaningrum, Endang AV - public N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan mengajar guru pendidikan jasmani dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka di SMA dan SMK Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif didukung dengan pendekatan naturalistik. Partisipan penelitian enam guru pendidikan jasmani yang mengajar di SMA dan SMK Kapanewon Imogiri Kabupaten Bantul. Peneliti menjadi instrumen utama dalam penelitian ini, kemudian dibantu dengan protokol wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, kemudian mengklasifikasikan kode ke dalam tema. Hasil penelitian menunjukkan guru pendidikan jasmani belum sepenuhnya memiliki kesiapan dalam mengajar menggunakan kurikulum merdeka, karena adanya berbagai faktor penghambat yang ditemui selama proses pembelajaran berdasarkan kurikulum merdeka. Faktor penghambat ditemui selama proses memahami struktur kurikulum merdeka, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kesiapan mengajar guru pendidikan jasmani berdasarkan kurikulum merdeka di SMA dan SMK Kapanewon Imogiri Kabupaten Bantul adalah belum memiliki kesiapan yang baik. ID - UNY81752 ER -