<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN\r\nMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA\r\nKELAS I DI SD N NGANGGRUNG"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca\r\npermulaan siswa dengan menerapkan model pembelajaran scramble pada\r\npembelajaran Bahasa Indonesia di kelas I SD N Nganggrung. Jenis penelitian ini\r\nadalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap\r\nsiklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan\r\nrefleksi. Subjek penelitian dari penelitian ini adalah siswa kelas I SD N\r\nNganggrung yang berjumlah 14 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 4 siswa\r\nperempuan. Pengumpulan data dilakukan dilakukan melalui observasi, tes, dan\r\ndokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi,\r\ninstrumen tes, dan dokumentasi.\r\nPenelitian ini dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas, data\r\ndianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Adapun kriteria keberhasilan penelitian\r\nyaitu minimun 75% siswa mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran\r\n(KKTP) yaitu 75 dan aktivitas siswa lebih dari 85% dengan kategori sangat baik.\r\nProses meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa dengan\r\nmenggunakan model pembelajaran scramble pada pembelajaran Bahasa Indonesia\r\ndi kelas I SD N Nganggrung menempuh beberapa tahap, mulai dari membaca\r\nbersama-sama, menulis, menjawab pertanyaan secara spontan, dan membaca\r\nmandiri.\r\nPada penelitian ini sudah terbukti penggunaan model pembelajaran\r\nscramble pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan\r\nmembaca permulaan siswa kelas I SD N Nganggrung. Hal ini dapat dilihat dari\r\npeningkatan hasil tes yang diberikan oleh peneliti. Pada tahap pra siklus terdapat\r\n61,54% tuntas dengan rata-rata kelas 79,61, kemudian pada siklus I persentase\r\nsiswa tuntas meningkat menjadi 69,23% dengan rata-rata kelas 85,38, dan pada\r\nsiklus II meningkat kembali menjadi 84,62% dengan rata-rata kelas 89, 61.\r\nKata kunci: kemampuan membaca permulaan, pembelajaran Bahasa Indonesia,\r\nmodel pembelajaran scramble"^^ . "2024-04-24" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . . . . . . . "Oriza Septentika"^^ . "Andayani"^^ . "Oriza Septentika Andayani"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN\r\nMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA\r\nKELAS I DI SD N NGANGGRUNG (Text)"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN\r\nMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA\r\nKELAS I DI SD N NGANGGRUNG (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN\r\nMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA\r\nKELAS I DI SD N NGANGGRUNG (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN\r\nMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA\r\nKELAS I DI SD N NGANGGRUNG (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN\r\nMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA\r\nKELAS I DI SD N NGANGGRUNG (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN\r\nMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA\r\nKELAS I DI SD N NGANGGRUNG (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #81751 \n\nPENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN \nMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA \nKELAS I DI SD N NGANGGRUNG\n\n" . "text/html" . . . "Media Pendidikan" . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . .