TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/81749/ M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model TGT (Team Games Tournament) berbasis kartu kelas IV SD Negeri Rejodadi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Rejodadi yang terdiri dari 28 siswa. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Tahap pelaksanaan model kooperatif Tipe TGT diawali dengan (1) Presentasi kelas oleh guru dengan beberapa pertanyaan yang ditujukan pada siswa serta memberikan apresiasi untuk siswa yang berani menjawab dan bertanya (2) Pembagian kelompok secara heterogen (3) Games, siswa secara berkelompok menyelesaikan pertanyaan dan permasalahan yang diberikan berbasis kartu dengan pemberian poin awal (4) Tournament, setiap kelompok berlomba menjawab pertanyaan dengan benar untuk mengumpulkan poin (5) Rekognisi, penghitungan total poin yang didapat serta memberikan apresiasi untuk kelompok dengan tiga poin tertinggi. Hasil penelitian dinyatakan berhasil karena telah memenuhi kriteria keberhasilan yaitu 79%. Kata kunci : Keaktifan Belajar, Model TGT AV - restricted TI - PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MELALUI MODEL TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) BERBASIS KARTU SISWA KELAS IV SD NEGERI REJODADI PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi A1 - Khasanah, Fadhilatun Nurul ID - UNY81749 Y1 - 2024/04/24/ ER -