%K pendekatan setiap siswa sebagai guru, pendekatan konvensional, keterampilan bertanya, pemahaman materi, alat optik. %A Ayunin Roro Kurrota %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan keterampilan bertanya siswa dan pemahaman materi antara siswa yang menggunakan pendekatan setiap siswa sebagai guru dan pendekatan konvensional. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah alat optik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi yang digunakan adalah semua siswa kelas X SMA N 1 Belik yang mempunyai kemampuan kognitif yang homogen. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan sampelnya adalah kelas X2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 28 siswa yang mengikuti pembelajaran Fisika dengan menggunakan pendekatan setiap siswa sebagai guru dan kelas X5 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 28 siswa yang mengikuti pembelajaran Fisika dengan menggunakan pendekatan konvensional. Data kemampuan kognitif siswa dijaring dengan menggunakan nilai ujian semester I. Data pemahaman materi awal siswa dijaring melalui pretest dan data pemahaman materi akhir siswa dijaring dengan postest, sedangkan data keterampilan bertanya siswa dijaring dengan lembar observasi keterampilan bertanya siswa. Analisis data dilakukan untuk menguji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney dan uji beda rerata populasi. Berdasarkan analisis data penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan pendekatan setiap siswa sebagai guru lebih baik untuk keterampilan bertanya siswa dan pemahaman materi dalam pembelajaran Fisika pada materi alat optik. Kata kunci : pendekatan setiap siswa sebagai guru, pendekatan konvensional, keterampilan bertanya, pemahaman materi, alat optik. %L UNY8173 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %D 2012 %T PENGARUH PENDEKATAN SETIAP SISWA SEBAGAI GURU TERHADAP KETERAMPILAN BERTANYA SISWA DAN PEMAHAMAN MATERI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI ALAT OPTIK SISWA KELAS X