TY - THES A1 - Arifin, Muhammad Rifki N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar peserta didik dan tingkat aktivitas fisik peserta didik kelas VIII dalam mengikuti pembelajaran PJOK di SMP Ma?arif Borobudur Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII di SMP Ma?arif Borobudur dengan jumlah 63 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan nilai raport. Minat belajar PJOK diukur menggunakan instrumen penelitian Angket Minat Belajar dengan skala yang digunakan berupa Skala Likert yang sudah dinyatakan valid dan memperoleh skor reliabilitas sebesar 0,921, tingkat aktivitas fisik menggunakan The Physical Activity Questionnaire for Adolescent (PAQ-A) dengan skor validitas 0,361 dan nilai reliabilitas sebesar 0,721, selanjutnya hasil belajar PJOK berdasarkan nilai raport. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Ada hubungan yang signifikan antara minat belajar PJOK dengan hasil belajar PJOK kelas VIII di SMP Ma?arif Borobudur, dengan memperoleh nilai korelasi sebesar 0,286 dengan signifikansi sebesar 0,023; 2) Ada hubungan yang signifikan antara tingkat aktivitas fisik dengan hasil belajar PJOK kelas VIII di SMP Ma?arif Borobudur, dengan memperoleh nilai korelasi sebesar -0,320 dengan signifikansi sebesar 0,010; 3) Ada hubungan yang signifikan antara minat belajar PJOK dan tingkat aktivitas fisik dengan hasil belajar PJOK kelas VIII di SMP Ma?arif Borobudur, dengan memperoleh nilai koefisien F hitung 5,870 dan nilai sig. 0,005. ID - UNY81683 AV - public Y1 - 2024/04/05/ PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan N1 - Dosen Pembimbing: Ahmad Rithaudin, M.Or. KW - hasil belajar PJOK KW - minat belajar PJOK KW - tingkat aktivitas fisik TI - Hubungan Antara Minat Belajar dan Tingkat Aktivitas Fisik dengan Hasil Belajar PJOK Peserta Didik Kelas VIII SMP Ma?arif Borobudur Kabupaten Magelang TA.2023/2024 UR - http://eprints.uny.ac.id/81683/ M1 - skripsi ER -