%0 Thesis %9 S1 %A Trisnawati, Trisnawati %A Dr. Hari Yuliarto, M.Kes., %B Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar %D 2024 %F UNY:81682 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K kemampuan motorik, peserta didik kelas V %T Profil Kemampuan Motorik pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Se-Gugus Badranala Kabupaten Kebumen %U http://eprints.uny.ac.id/81682/ %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampun motorik yang dimiliki oleh peserta didik kelas V se-gugus Badranala Kabupaten Kebumen. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei dalam bentuk tes dan pengukuran sebagai teknik pengumpulan data penelitian. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V se-gugus Badranala kabupaten Kebumen sebanyak 94 peserta didik yang terdiri dari 51 peserta didik putra dan 43 peserta didik putri. Instrumen yang digunakan adalah motor ability test milik Nurhasan (2007), yang meliputi shuttle run test 4x10 meter, tes lempar tangkap bola ke tembok dengan jarak 1 meter, stork stand positional balance test, tes lari cepat 30 meter dengan reliabilitas sebesar 0,93 dan validitasnya sebesar 0,87. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik peserta didik kelas V sekolah dasar se-gugus Badranala Kabupaten Kebumen berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 5,32% yaitu sebanyak 5 peserta didik, berada pada kategori “kurang” sebesar 27,66% yaitu sebanyak 26 peserta didik, berada pada kategori “cukup” sebesar 36,18% yaitu sebanyak 34 peserta didik, berada pada kategori “baik” sebesar 24,46% yaitu sebanyak 23 peserta didik, dan berada pada kategori “sangat baik” sebesar 6,38% sebanyak 6 peserta didik. Maka dari, itu hasil akhir dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan motorik peserta didik kelas V se-gugus Badranala Kabupaten Kebumen berada pada kategori “CUKUP”. Diharapkan hasil dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi atau pedoman dalam merancang kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. %Z Dosen Pembimbing: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes.