<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis NOS-Argumentasi (IB-NOSA) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi sains dan Keterampilan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik SMP."^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan model pembelajaran inkuiri berbasis NOS-argumentasi (IB-NOSA), (2) menguji kelayakan model pembelajaran IB-NOSA, (3) menguji kepraktisan model pembelajaran IB- NOSA, dan (4) menguji keefektifan model IB-NOSA dalam meningkatkan kemampuan literasi sains dan keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik SMP.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menerapkan prosedur Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah. Subjek uji coba lapangan utama yaitu 32 peserta didik kelas VIII pada satu sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Sleman tahun ajaran 2022/2023. Subjek uji coba lapangan operasional yaitu 280 peserta didik kelas VIII dari tiga SMP di Kabupaten Sleman tahun ajaran 2022/2023. Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data analisis kebutuhan dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif; data kelayakan dan kepraktisan model pembelajaran IB- NOSA dianalisis menggunakan deskriptif statistik; dan data keefektifan dianalisis menggunakan uji MANOVA, sedangkan untuk mengetahui besarnya pengaruh model digunakan pengukuran effect size dengan partial eta square.\r\nHasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Model pembelajaran IB- NOSA terdiri dari landasan filosofis (progresivisme), teori belajar konstruktivistik (teori perkembangan kognitif Piaget, teori sosiokultural Vygotsky), dan observational learning Bandura; sintaks (orientasi, identifikasi masalah, konseptualiasi, investigasi, membuat argument mapping, menyimpulkan, dan refleksi); prinsip reaksi (respon guru terhadap peserta didik); sistem sosial (kerjasama antar peserta didik); sistem pendukung (buku model, buku panduan, silabus, RPP, modul IPA, LKPD, instrumen kemampun literasi sains dan keterampilan argumentasi ilmiah); dampak instruksional (kemampuan literasi sains dan keterampilan argumentasi ilmiah), dan dampak pengiring (minat belajar, hasil belajar, dan rasa ingin tahu). (2) Model pembelajaran IB- NOSA dinyatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPA berdasarkan penilaian oleh dosen ahli. (3) Model pembelajaran IB-NOSA dinyatakan sangat praktis berdasarkan hasil uji kepraktisan model dan keterlaksanaan model pada uji coba lapangan utama dan operasional. (4) Model pembelajaran IB-NOSA efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains dan keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik SMP. Keefektifan model pembelajaran dilihat dari adanya perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan model IB-NOSA, guided inquiry, dan discovery learning. Effect size model pembelajaran IB-NOSA terhadap peningkatan kemampuan literasi sains dan keterampilan argumentasi ilmiah tergolong besar (large effect) dengan peningkatan sebesar 97,6%. Dengan demikian, model pembelajaran IB-NOSA berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan literasi sains dan keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik SMP."^^ . "2024-03-20" . . . "Sekolah Program Pascasarjana"^^ . . . "Ilmu Pendidikan, Sekolah Program Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Diah Puji"^^ . "Lestari"^^ . "Diah Puji Lestari"^^ . . "Paidi"^^ . "Paidi"^^ . "Paidi Paidi"^^ . . . . . . "Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis NOS-Argumentasi (IB-NOSA) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi sains dan Keterampilan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik SMP. (Text)"^^ . . . "Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis NOS-Argumentasi (IB-NOSA) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi sains dan Keterampilan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik SMP. (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis NOS-Argumentasi (IB-NOSA) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi sains dan Keterampilan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik SMP. (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis NOS-Argumentasi (IB-NOSA) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi sains dan Keterampilan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik SMP. (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis NOS-Argumentasi (IB-NOSA) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi sains dan Keterampilan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik SMP. (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis NOS-Argumentasi (IB-NOSA) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi sains dan Keterampilan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik SMP. (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #81666 \n\nPengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis NOS-Argumentasi (IB-NOSA) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi sains dan Keterampilan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik SMP.\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Menengah"@en . . . "Ilmu Pengetahuan Alam" . .