TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/8166/ ID - UNY8166 TI - PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VII E SEMESTER II PADA TEMA PENCEMARAN AIR DI SMP N 4 WATES A1 - Mustofa, Mustofa KW - Kooperatif tipe Jigsaw KW - Aktivitas Belajar PB - UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengatasi rendahnya aktivitas belajar dan mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw di SMP Negeri 4 Wates kelas VII E. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan oleh guru dan peneliti. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII E SMP Negeri 4 Wates yang berjumlah 32 peserta didik. Tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Langkah dalam setiap siklus yang dilakukan adalah merancang kegiatan, memberikan tindakan, melakukan observasi dan refleksi pada setiap siklusnya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar peserta didik, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, catatan insidental. Data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas VIIE SMP Negeri 4 Wates. Berdasarkan hasil observasi aktivitas, peningkatan aktivitas belajar peserta didik ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata persentase aktivitas belajar peserta didik antara dua siklus sebesar 20,40 %. Pada siklus I, rata-rata persentase aktivitas belajar peserta didik mencapai 65,46 %, sedangkan pada siklus II rata-rata persentase aktivitas belajar peserta didik mencapai 85,86 %. Kata kunci : Kooperatif tipe Jigsaw, Aktivitas Belajar Y1 - 2012/10// AV - public M1 - skripsi ER -