%0 Thesis %9 S3 %A Setyowati, Rini Riris %A Rochmat, Saefur %B Ilmu Pendidikan %D 2024 %F UNY:81596 %I Sekolah Pascasarjana %K media pembelajaran, komik sejarah, virtual reality, sejarah proklamasi kemerdekaan, identitas nasional %T Media Komik Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Berbasis Virtual Reality untuk Menguatkan Pemahaman Pengetahuan tentang Identitas Nasional Siswa SMA. %U http://eprints.uny.ac.id/81596/ %X Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) mengarahkan tuntutan pada pengembangan media yang modern termasuk pada media pembelajaran. Pengetahuan tentang nilai-nilai sejarah yang masih implisit dalam penyampaiannya dapat diubah dengan menghadirkan pengalaman belajar pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Komik berbasis Virtual Reality yang sesuai dengan perkembangan IPTEK pada materi sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia yang layak, praktis, dan efektif untuk menguatkan pemahaman pengetahuan Identitas Nasional siswa. Desain penelitian research and development (R&D) dilakukan dengan tahap pengembangan four D model yang terdiri dari empat tahap antara lain; 1) define, 2) design, 3) develop, dan 4) disseminate. Media Komik VR divalidasi oleh ahli media, materi, dan instrumen. Penilaian kepraktisan penggunaan media dilakukan oleh siswa dan guru. Pengukuran efektivitas media dilakukan dengan quasi-experiment yang terdeiri dari pre-test dan post-test group. Uji coba terbatas dilakukan pada satu sekolah sebanyak 32 siswa, sedangkan uji lapangan pada lima sekolah sebanyak 478 siswa. Analisis data kelayakan dan kepraktisan media yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil efektivitas media komik VR dianalisis menggunakan uji paired samples t-test dan independent samples t- test dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Sedangkan, analisis tanggapan penggunaan media oleh siswa dan guru dilakukan dengan analisis kualitatif menggunakan aplikasi N-Vivo 12. Hasil penelitian ini antara lain sebagai berikut: 1) menghasilkan media komik VR yang layak sesuai penilaian ahli untuk memperkuat pemahaman pengetahuan identitas nasional siswa dengan materi sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia, 2) menghasilkan media komik VR yang praktis untuk digunakan dalam memperkuat pemahaman pengetahuan identitas nasional, 3) menghasilkan media komik VR yang efektif untuk digunakan dalam memperkuat pemahaman pengetahuan identitas nasional siswa. Berdasarkan hasil uji t-test yaitu (sig. 2-tailed) 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan penggunaan media komik VR pada kelas eksperimen dengan penguatan pengetahuan identitas nasional yang menguat dilihat dari peningkatan hasil N-gain 0,3 ≤ 0,57 ≤ 0,07 atau 57%.