eprintid: 81590 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/08/15/90 datestamp: 2024-04-03 04:49:52 lastmod: 2024-04-03 04:49:52 status_changed: 2024-04-03 04:49:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Wulandari, Rina creators_name: Harun, Harun title: Pengembangan Musik Iringan Bermelodi untuk Meningkatkan Kemampuan Cipta Lirik Lagu pada Guru Taman Kanak-Kanak Raudhatul Athfal di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. ispublished: pub subjects: H1 subjects: pssd_pgpaud divisions: pps_ip full_text_status: restricted keywords: iringan bermelodi, kemampuan cipta lirik lagu, guru TK dan RA date: 2024-01-24 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Ilmu Pendidikan thesis_type: disertasi referencetext: Abdurrahman. (2018). Upaya Meningkatkan Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Pendahuluan Paud Merupakan Pemberian Upaya Untuk Menstimulasi , Membimbing , Mengasuh Dan Pemberian Kegiatan Pembelajaran Yang Akan Menghasilkan Kemampuan Dan Keterampilan Pada Anak. Jurnal Penelitian Keislaman, 14(2), 101–107. Agisa, A., & Susetyo, B. (2017). Alat Musik Snare Drum untuk Latihan Mengucapkan Konsonan B Pada Siswa Tunarungu. JASSI_anakku, 18(2), 1– 8. Alfian Saleh, Muthia Anggraini, & Sean Marta Efastri. (2021). Arransemen Lagu Bertemakan Keselamatan Lalu Lintas Untuk Guru PAUD. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1548–1552. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.7775 Alma, H. (2020). Art and Religion as Invitation. An Exploration Based on John Dewey‘s Theory of Experience and Imagination. Perichoresis. https://sciendo.com/article/10.2478/perc-2020-0015?tab=pdf-preview Amahorseya, M. Z. F. A., & Mardliyah, S. (2023). Implikasi Teori Konstruktivisme Vygotsky dalam Penerapan Model Pembelajaran Kelompok dengan Sudut Pengaman di TK Anak Mandiri Surabaya. Journal Buah Hati, 10(1), 16–28. https://ejournal.bbg.ac.id/Buah cal, C. (2016). Early Childhood Policies and Systems in Eight Countries. Springer. Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational Research An Introduction (Four Editi). Longman Inc. Budi, D. S. U. (2014). Perkembangan (Instrumen) Angklung 1. Awilaras, 1(1), 21–38. Campbell, P. S., & Scott-Kassner, C. (2010). Music In Childhood From Preschool Through The Elementary Grades (Third Edit). Schirmer, Boston. Carter, N. (2018). Music Theory From Absolute Beginner to Expert (3rd ed.). Pulp. Djau, N. S. (2019). Analisis Problematika Guru Seni Budaya (Seni Musik) dalam Melaksanaan Mata Pelajaran Seni Budaya di SMA Negeri Kota Pontianak , Kalimantan Barat. Indonesian Journal of Basic Education, 2(3), 575–585. Eka Retnaningsih, L., & Patilima, S. (2022). Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 143–158. Ekaningrum, P. (2015). The Analysis of Meanings and Forms in The A.T. Mahmud‘s Song Lyrics. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 15(1), 9. https://doi.org/10.15294/harmonia.v15i1.3691 Engel, C. (1908). Musical Instrument. London : Published for the Committee of Council on Education by Chapman and Hall. https://archive.org/details/descriptivecatal00vict?ref=ol&view=theater Essa, E. L. (2002). Introduction to Early Childhood (4th ed.). Wadsworth Publishing. Gall, M. D., & Borg, W. R. (1971). Educational Research An Introduction. Longman. 114 https://archive.org/details/isbn_9780582280199/page/n7/mode/2up?view=the ater Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Education Research An Introduction (Sevent Edi). Pearson Education. Gelu, A., Sulhadi, Darsono, T., & Liwa, K. (2017). Pengaruh Bentuk Daun Lontar Terhadap Intensitas Bunyi Alat Musik Sasando. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2017, VI, SNF2017-MPS-75-SNF2017-MPS-80. https://doi.org/10.21009/03.snf2017.02.mps.12 Gordon, A. M., & Browne, K. W. (2011). Beginnings and Beyond Foundations in Earlychildhood Education (8th ed.). Wadsword. Gutama, A. (2020). Analisis Pola Ritme dan Bentuk Lagu Anak. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 3(1), 23. https://doi.org/10.26740/vt.v3n1.p23-32 Gutek, G. L. (1985). Philosophical Alternatives in Education. Charles E. Merrill. Hamdi, S., Muslimah, Musthofa, K., & Sardimi. (2021). Jurnal pemikiran islam. Jurnal Pemikiran Islam, 1(2), 151–166. Hanita, & Brantasari, M. (2019). Pengaruh Pembelajaran Efektif Melalui Menggubah Lagu Dan Bernyanyi Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Incrementapedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 01, 5–9. Hariana, K., Rizal, Surahman, Lapasere, S., & Aqil, M. (2022). Konstruktivisme Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dalam Problematika Pendidikan Seni Anak. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 8(1), 53–58. https://doi.org/10.30596/edutech.v8i1.9359 Hartati, S. (2017). Penyelenggaraan Program Paud (Studi Evaluatif Di Pos Paud Kota Jakarta Timur, Provinsi Dki Jakarta). JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 12(2), 155–162. https://doi.org/10.21009/jiv.1202.9 Hartaya, S. K. (2020). Organologi Alat Musik Diatonis. Deeppublish. Hasiana, I., & Wirastania, A. (2017). Pengaruh Musik dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bilangan Siswa Kelompok A di TK Lintang Surabaya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 131–138. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.23 Hestaliana, I. M. dan A. (2021). Kompetensi pedagogik guru di paud. Kompetensi Pedagogik Guru Di Paud, XII(1), 187–196. Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep, Teori, dan Aplikasinya (C. Wijaya & Amiruddin (eds.)). Inawati, I. (2018). Prinsip Dan Teknik Pengajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Pra-Sekolah. Yaa Bunayya, II(1), 11–18. Indah Susilowati, Himawan Arif Sutanto, R. D. (2013). Strategi Peningkatan Kompetensi Guru Dengan Pendekatan Analysis Hierarchy Process. JEJAK: Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan, 6(1), 80–92. https://doi.org/10.15294/jejak.v6i1.3750 Iqbal, M. N., Aesijah, S., & Rachman, A. (2020). Bentuk Komposisi Musik Tradisional Balo-Balo Grup Kampung Tirang Di Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal. Jurnal Seni Musik, 9(2), 145–151. https://doi.org/10.15294/jsm.v9i2.39205 115 Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800 Kamtini, & Sitompul, F. A. (2020). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Mengingat Huruf dan Angka pada Anak Usia Dini Abstrak. Obsesi, 4(1), 141–145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.295 Kayashima, Y., Yamamuro, K., Makinodan, M., Nakanishi, Y., Wanaka, A., & Kishimoto, T. (2017). Efek progresi akord Canon pada aktivitas dan motivasi otak bergantung pada perasaan subyektif , bukan progresi akor itu sendiri. Dovepress, 1499–1508. Khadijah, Arlina, Hardianti, R. W., & Maisarah. (2021). Model Pembelajaran Bank Street dan Sentra , serta Pengaruhnya terhadap Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1960–1972. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1054 Kucey, S., & Parsons, J. (2012). Linking Past and Present: John Dewey and Assessment for Learning. Journal of Teaching and Learning, 8(1). https://doi.org/10.22329/jtl.v8i1.3077 Kurniawan, A., Rohini, & Triyanto, M. (2021). Pengembangan Media Lagu Anak-Anak Tentang Pengenalan Huruf Pada Kelas I di SDN 3 Masbagik Utara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6544–6551. Lee, Y., Douglass, A., Zeng, S., Wiehe Lopes, A., & Reyes, A. (2022). Preparing early educators as frontline leaders and change agents with a leadership development initiative. International Journal of Child Care and Education Policy, 16(1). https://doi.org/10.1186/s40723-022-00095-z Lelana, D. B. S., Triyanto, & Syafii. (2018). Eduarts: Journal Of Arts Education Pembelajaran Menghias Gerabah Pada Kelas Vii Di Smp Muhammadiyah 5 Purbalingga Dengan Media Cat Akrilik. Eduarts, 7(2), 1–11. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduart Lowenfeld, F., & Brittain, L. (1964). Creative and Mental Growth (Fourth Edi). The Macmillan Company. Misrawati, & Suryana, D. (2022). Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Tematik terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. 6(1), 298–306. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1249 Mu‘asaroh, H. P., & Noor, N. L. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Bentuk Alat Musik Rebana. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 69. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.9908 Musakkir. (2021). Filsafat Modern dan Perkembangannya. Jurnal Pemikiran Dan Keislaman Dan Kemanusiaan, 5(1), 1–2. https://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/tajdid/article/download/626/453/ Nadar, W., Yuni, Y., & Hardiyanto, L. (2021). Peningkatan Kualitas Kompetensi Guru PAUD: Menjadi Guru Profesional. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 1(1), 38–45. https://doi.org/10.37640/japd.v1i1.945 New, R. S., & Cochran, M. (2007). Early Childhood Education: An International Encyclopedia (1st–4th ed.). Praeger. Noorcahaya, Mahendra, B., & Najamudin, M. (2020). Musik Iringan Japin Carita 116 Kalimantan Selatan. Jurnal Seni Musik, 6(2), 23–29. Nugroho, H. (2005). Analisis struktur lirik lagu ―Indonesia Raya‖ Ciptaan W.R. Supratman. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, VI(3). Nurul Qamari, I., & Joko Suryono, L. (2017). Peningkatan Kualitas Layanan Dan Tata Kelola Pendidikan Anak Usia Dini Kenanga Panggung Harjo, Sewon, Bantul. BERDIKARI : Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 5(2), 126–136. https://doi.org/10.18196/bdr.5226 Ortiz, C. M. M. (2022). ragmatism and Creativity: Patenting the School Art Manifesto from Dewey‘s Aesthetic Experience. Creativity, 9(1). https://sciendo.com/article/10.2478/ctra-2022-0007 Owojori, M. G., & Gbenga-Akanmu, T. O. (2021). Government commitments and teaching strategies for effective quality early childhood education in South Western Nigeria. International Journal of Child Care and Education Policy, 15(1). https://doi.org/10.1186/s40723-021-00090-w Pangaribuan, M. I., & Manalu, K. R. (2013). Peranan Musik Iringan Dan Song Leader Pada Ibadah Minggu Di Gereja Pentakosta Tabernakel Tanjung Mulia Meda. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. Peters, J. E. (2014). Music Composition 1. Pradoko, S. A., & Machfauzia, A. N. (2009). Aransemen Musik Anak Secara Kreatif dengan Canon Progresi Akor , Filler Melodi , Iringan Ostinato dan Pembelajaran Ekspresi Musik Secara Kreatif Melalui Progresi Akor. 1–6. Prahesti, S. I., Taulany, H., & Dewi, N. K. (2019). Gerak dan Lagu Neurokinestetik (GELATIK) untuk Menumbuhkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.289 Prameswari, T. W. (2020). Merdeka Belajar: Sebuah Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Menuju Indonesia Emas 2045. Seminar Nasional Penalaran Dan Penelitian Nusantara, 1, 76–86. Pratiwi, S. (2021). Pemanfaatan barang-barang bekas mengasah kecerdasan musikal anak usia dini dimasa pademi covid 19. Fnferlude, 1(1), 7–13. Prier, K. E. (1996). Ilmu Bentuk Musik. Pusat Musik Liturgi. Purnamasari, W. W. (2013). Studi Perbandingan Pengembangan Layanan Paud Di Kecamatan Brebes Dan Di Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 2(2), 64–71. Raharjo, I. B. (2019). Optimalisasi Penciptaan ―Lagu Model‖ Anak Usia Dini. Promusika, 6(1), 12–21. https://doi.org/10.24821/promusika.v6i1.1742 Rahayu, H., Yetti, E., & Supriyati, Y. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Gerak dan Lagu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 832–840. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.691 Rahman, F., & Anto, P. (2015). Analisis Lirik Lagu dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Gaya Bahasa serta Puisi di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 9–14. https://www.researchgate.net/profile/Rully_Prahmana/publication/30402246 9_PENINGKATAN_KEMAMPUAN_PENALARAN_MATEMATIS_SIS WA_MENGGUNAKAN_PENDEKATAN_PENDIDIKAN_MATEMATIK 117 A_REALISTIK/links/5763a4e508ae192f513e458e.pdf Rani Febrianningsih, & Zaka Hadikusuma Ramadan. (2023). Kesiapan guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3335–3344. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4686 Rantina, M., Hasmalena, H., & Yosef, Y. (2020). Pengembangan Lagu Berbasis Aplikasi Musescore dalam Pengembangan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 426–433. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.351 Ratih, E. (2002). Peranan Pembelajaran Seni Tari dalam Pembentukan Kreativitas Anak TK (Kajian Multidimensional). Harmonia, 3(2), 1–14. Ratri, A. K. (2016). Penerapan Metode Penciptaan Lagu Anak Berbasis Tema untuk Guru TK Negeri Pembina Srengat Blitar. Jurnal Online STKIP PGRI Tulungagung, 2(1), 25–43. Read, H. (1958). Education Throught Art. Faber and Faber. Respati, R., Nur, L., & Rahman, T. (2018). Gerak Dan Lagu Sebagai Model Stimulasi Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 321–330. https://doi.org/10.21009/jpud.122.13 Retnowati, T. wahyu. (2006). Komputer dan Pengetahuan Program Aplikasi Musik Komputer. Harmonia, 02(4), 1–14. Rosalianisa, R., Dorlina, N., Komalasari, D., & Rinakit, K. (2022). Pelatihan Bernyanyi Bagi Pendidik Pos Paud Terpadu Se-Kota Surabaya. Transformasi Dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 43–52. https://doi.org/10.26740/jpm.v2n1.p43-52 Rustiyanti, S. (2014). Musik Internal dan Eksternal dalam Kesenian Randai. Resital, 15(2), 152–162. Saputro, A., & Wijayanti, O. (2021). Tantangan Guru Abad 21 Dalam Mengajarkan Muatan Sbdp Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(3), 51–59. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i3.77 Septini, R., & Martiati, L. (2022). Strategies for Children‘S Online Vocal Learning At Buaran Music Studio Purwacaraka. Jurnal Penelitian Musik, 3(1), 1–9. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pm/ Shaputri, N. A., & Hidayatullah, S. (2022). Gaya Bahasa Retoris Pada Lirik Lagu di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4882–4892. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3641 Sinaga, S. (2010). Pemanfaatan Dan Pengembangan Lagu Anak-Anak Dalam Pembelajaran Tematik Pada Pendidikan Anak Usia Dini / Tk. Harmonia - Journal of Arts Research and Education, 10(1), 1–15. Sinaga, T. E., Gunara, S., & Gunawan, I. (2022). Penggunaan Aplikasi Musescore 3 Dalam Melatih Kemampuan Sight Singing Pada Siswa Kelas Viii a Smp Negeri 12 Bandung. SWARA – Jurnal Antologi Pendidikan Musik, 2(3), 75– 83. Sitinjak, L., Hutagalung, S. P. D., & Widodo, T. W. (2022). Proses Pembelajaran Teknik Melismatis dalam Repertoar Messiah Karya G.F. Handel pada Mata Kuliah Ensambel Vokal. Promusika, 9(2), 101–108. 118 https://doi.org/10.24821/promusika.v9i2.5168 Sofiyanudin, & Maliki, I. (2017). Musical Instrument Recognition Dengan Metode Mel- Frequency Cepstral Coefficients ( Mfcc ) Dan Learning Vector Quantization ( Lvq ) Dalam Mengklasifikasikan Sumber Bunyi Pada Alat Musik. Komputa. Sudijandoko, A. (2015). Peningkatan Kinerja Pendidik Paud Dalam Pengembangan Kemampuan Kinestetik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 91–102. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.4193 Sugandi, A., Sutarjo, A., & Wardana, D. (2016). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa pada Lagu Anak-Anak Ciptaan Pak Kasur sebagai Alternatif Pembuatan Bahan Pembelajaran Menulis Pantun bagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Kalimaya, 4(2), 1–9. http://antologi.upi.edu/file/Bahasa_Achmad_Sugandi_(1205656)1.pdf Suharto. (2006). Permasalahan Musikal dan Lingual dalam Penerjemahan Lirik Lagu. Harmonia, VII(2), 1–13. Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543–550. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287 Sumarjana, K. (2006). Musik MIDI Komputer. Jurnal Ilmiah Musik Nusantara. Sumiyati, Masruri, S., & Maemonah. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada Lembaga Taman Kanak-Kanak di Kabupaten Pati. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini ISSN: 2549-8959 (Online) 2356- 1327 (Print) Implementasi, 5(2), 1261–1268. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.814 Susantina, S. (2000). FILSAFAT SENI : ANTARA PERTANYAAN DAN TANTNAGAN (Philosophy of Art : Between Question and Challenge). Harmonia : Jurnal Pengetahuan Dan Pemikiran Seni, 1(2), 4–16. Susiati. (2020). Gaya Bahasa Secara Umum Dan Gaya Bahasa Pembungkus Pikiran: Stilistika. ReasearchGate, March, 1–14. Sutisna, R. H., Novianti, P. R., & Akbar, A. (2017). Analisis Situasi Pembelajaran Musik Di Sekolah Dasar Di Wilayah Kabupaten Sumedang Jawa Barat. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 157. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2137 Syawaldipa, A., Nurhasanah, Y. I., & Ichwan, M. (2022). Perancangan Aplikasi Konversi File Musik Midi Menjadi Notasi Musik. JITSI : Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 3(3), 75–80. https://doi.org/10.30630/jitsi.3.3.92 Syifauzakia, S. (2023). Kebijakan Kurikulum Merdeka dan Perubahan Sosial di Satuan PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2137–2147. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4344 Taja, N., Inten, D. N., & Hakim, A. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengajar Baca Tulis Al-Qur`an bagi Guru. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 68. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.135 Tobing, M. D. N., Gunawan, A., & Setyoko, A. (2021). Musik Iringan Hudoq Kita‘ sebagai Seni Pertunjukan Wisata di Desa Pampang Kota Samarinda. 119 Jurnal Mebang: Kajian Budaya Musik Dan Pendidikan Musik, 1(2), 51–62. https://doi.org/10.30872/mebang.v1i2.14 UNESCO. (2022). Early childhood care and education An investment in wellbeing, gender equality, social cohesion, and lifelong learning. https://www.unesco.org/en/education/early-childhood Venter, L. (2022). A systems perspective on early childhood development education in South Africa. International Journal of Child Care and Education Policy, 16(1). https://doi.org/10.1186/s40723-022-00100-5 Wahyuningsih. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini Melalui Bermain Alat Musik Perkusi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 65–77. Wicaksono, R. Y., & Utomo, U. (2017). Daya Tarik Lagu Bagi Anak Usia Dini : Studi Kasus di TK Pertiwi I Singodutan, Wonogiri. Jurnal Seni Musik, 6(2), 91–93. Wilantara, R. M., Saryanto, Srimoko, G. J., & Retnowati, T. E. (2022). Analysis Of Tumbaorhythm Patternonconga In Necesitas Tu. Jurnal Penelitian Musik, 3(1), 23–47. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pm/ Williams, L. R., & Fromberg, D. P. (1992). Encyclopedia of Early Childhood Education (30th ed.). Routledge. Windayani, N. L. I. (2020). Model Pembelajaran Nilai Agama dan Moral Bagi Anak Usia Dini Berorientasi Konstruktivistik. Widyalaya:Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 11–18. http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/68 Wiyani, N. A. (2020). Menciptakan Layanan Paud Yang Prima Melalui Penerapan Praktik Activity Based Costing Novan. Jurnal Ilmu Keluargan Dan Konsumen Dan Konsumen, 13(2), 175–186. Wulandari, R. (2008). Karakteristik Lagu Yang Sesuai Untuk Anak Ditinjau Dari Segi Ambitus. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 4(2). Wulandari, R. (2011). Pengembangan Lagu untuk Anak Usia 4-6 Tahun. Dinamika Pendidikan, 02. Wulandari, R. (2021). Profil Lagu untuk Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 70–81. https://doi.org/10.31849/paud- lectura.v4i02.5952 Wulandari, R., Muthmainah, & Hayati, N. (2021). Kemampuan Cipta Lagu pada Guru Taman Kanak- Kanak se-Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, x(x), 1–10. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1273 Yeni, I. (2013). Kesulitan yang ditemui pendidik dalam pembelajaran musik melalui kegiatan menyanyi. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(1), 1–8. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i1.1687 Yeni, I., Epria, I., & Putra, D. (2017). Pelatihan Mencipta Lagu Anak Pada Guru Paud Di Kec. Abtb Kota Bukittinggi Dan Kec. Tilatang Kamang Kab. Agam. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3b), 173–187. Yeni, I., Yulsyofriend, Y., Desyandri, & Anggraini, V. (2018). Stimulation of Children‘S Emotion Through Activities of Singing for Paud Teachers in Ampek Angkek and Canduang, District Agam. Jurnal Ilmiah Pesona, 5(2), 145–160. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/index Yulaeliyah, E. (2008). Musik Pengiring dalam Upacara Ngalaksa Masyarakat Rancakalong Sumedang. Resital, 9(Juni), 31–36. Yulianto, R. E. (2020). PENDIDIKAN SENI UNTUK MEMBENTUK MANUSIA IDEAL PADA SEKOLAH UMUM Program Studi Pendidikan Seni S2 Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Jurnal Imajinasi, 14(1), 17–23. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/imajinasi Yunisty, I. P., Hayana, N., & Mutiarsih, Y. (2020). Gaya Bahasa Asonansi dan Aliterasi pada Antologi Puisi Romances Sans Paroles. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 15(3), 395–408. https://doi.org/10.14710/nusa.15.3.395- 408 Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan (1st ed.). Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo. citation: Wulandari, Rina and Harun, Harun (2024) Pengembangan Musik Iringan Bermelodi untuk Meningkatkan Kemampuan Cipta Lirik Lagu pada Guru Taman Kanak-Kanak Raudhatul Athfal di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. S3 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/81590/1/disertasi_rina%20wulandari_20703261012.pdf