%0 Thesis %9 S1 %A Trisianna, Linda Ayu %A Dr. Muh. Hamid Anwar, M.Phil., %B Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi %D 2024 %F UNY:81517 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K pendidikan jasmani, akuatik, peran guru %T Refleksi Guru Se-Kecamatan Depok Terhadap Pembelajaran Penjas Kompetensi Akuatik %U http://eprints.uny.ac.id/81517/ %X Penelitian ini bertujuan untuk merefleksikan guru pendidikan jasmani terhadap pembelajaran penjas kompetensi akuatik khususnya di kecamatan Depok, Sleman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif yaitu dengan data- data yang dikumpulkan berupa kata-kata dari hasil wawancara dengan partisipan wawancara ini dilakukan langsung dengan Guru PJOK se kecamatan Depok, Sleman yang bertempat di Café Tadeus Colombo. Hasil penelitian ini ialah konsep dan tujuan pendidikan jasmani tidak hanya teori saja yang dipelajari namun menggunakan kegiatan fisik yang efeknya juga sangat bagus untuk peserta didik dari pemerintah bisa jadi dituangkan dalam kurikulum, guru berperan penting dalam pembelajaran akuatik pendidikan jasmani ini sangatlah penting bagi peserta didik karena dalam hakikatnya juga mengatakan bahwa mendidik anak dalam bentuk fisik maupun jasmani rohani. Peran guru penjas dalam pembelajaran akuatik di sekolahan se kecamatan Depok ini masih kurang karena adanya beberapa kendala pembelajaran akuatik ini sehingga beberapa sekolah menyampaikan bahwa pembelajaran renang sering tidak terlaksanakan dikarenakan adanya faktor seperti fasilitas sekolah yang kurang memadai maka dari itu ada beberapa yang hanya menerapkan melalui teori di kelas. %Z Dosen Pembimbing: Dr. Muh. Hamid Anwar, M.Phil.