TY - THES PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan A1 - Setiawan, Eko Putro Wahyu Y1 - 2024/04/01/ N2 - Penelitian ini bertujuan membuat produk model pendidikan jasmani untuk mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual untuk meningkatkan sikap sosial siswa sekolah dasar. Model Pendidikan Jasmani dikembangkan pada siswa sekolah dasar kecerdasan emosional dan spiritual untuk meningkatkan sikap sosial pada lima tahapan aktivitas fisik yang dimasukkan dalam model pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model desain pendidikan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang dikembangkan oleh Reiser dan Molenda pada tahun 1990an untuk mengembangkan infrastruktur alat program pendidikan yang efektif, dinamis dan model desain pembelajaran yang memberikan pedoman umum. Subyek penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani sekolah dasar dan siswa sekolah dasar. Uji coba dalam penelitian ini dilakukan terhadap seorang guru pendidikan jasmani dan 29 orang siswa di SD Ngupasan. Sedangkan tahap pelaksanaan dilakukan oleh satu orang guru pendidikan jasmani dan 54 orang siswa di SD N Keputran 2. Hasil penelitian ini adalah pengembangan model pembelajaran pendidikan jasmani kecerdasan emosiaonal dan spiritual untuk meningkatkan sikap sosial pada siswa sekolah dasar , model pembelajaran ini divalidasi oleh para ahli yang terdiri dari 4 orang ahli yaitu 2 akademisi dan 2 praktisi dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga. Hasil validasi ahli 1 rerata 3,50, dan standar deviasi 0,52, ahli 2 rerata 3,33 dan standar deviasi 0,49, praktisi 1 rerata 3,58 dan standar deviasi 0,51, sedangkan praktisi 2 rerata 3,42 dan standar deviasi 0,51. Pada tahap uji coba ini dapat dijelaskan bawah tingkat kecerdasan emosional dalam kategori rendah sebanyak 6 (21%), sedang 1 (3%) dan tinggi 22 (76%). Tingkat kecerdasan spiritual dalam kategori rendah sebanyak 5 (17%), kategori sedang 2 (7%), dan tinggi 22 (76%) sedangkan tingkat sosial kategori rendah sebanyak 3 (10%), sedang 4 (14%), dan tinggi 22 (76%). Dalam uji coba besar memperlihatkan bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa kategori rendah sebanyak 2 (4%), sedang 3 (5%), dan tinggi 49 (91%), sedangkan kecerdasan spiritual memperlihatkan bahwa siswa berkategori rendah 0 (0%), sedang 2 (4%) dan tinggi 52 (96%). Untuk sikap sosial siswa kategori rendah sebanyak 3 (5%), sedang 1 (2%) dan tinggi 50 (93 %). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pendidikan jasmani disini sangat layak dan efektif untuk melaksanakan pembelajaran pendidikan jasmani di Sekolah Dasar. N1 - Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Yudik Prasetyo, M.Kes. KW - kecerdasan emosional KW - kecerdasan spiritual KW - sikap sosial ID - UNY81500 UR - http://eprints.uny.ac.id/81500/ TI - Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Untuk Meningkatkan Sikap Sosial Kecerdasan Emosional dan Spiritual Siswa Sekolah Dasar AV - public M1 - tesis ER -