%0 Thesis %9 S3 %A Sa’adah, Fiki %A Prof. Dr. Tomoliyus, M.S., %A Dr. Hari Yuliarto, M.Kes., %B Ilmu Keolahragaan %D 2024 %F UNY:81472 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K faktor eksternal, faktor internal, hasil belajar, motivasi belajar %T Analisis Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar %U http://eprints.uny.ac.id/81472/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap motivasi belajar pendidikan jasmani dan hasil belajar pendidikan jasmani sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan mix method. Sampel penelitian ini sebanyak 346 peserta didik kelas 4 (empat) dengan teknik purposive sampling dan 11 guru PJOK Daerah Istimewa Yogyakarta. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner tertutup yang dibagikan kepada peserta didik (responden) dan instrumen wawancara ditujukkan kepada guru PJOK. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan analisis jalur dengan software SmartPLS versi 3.3.2 dan analisis data kualitatif menggunakan software NVIVO. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas dan reliabilitas dipenuhi lebih dari 0.7 berturut-turut dengan formula Aiken dan Cronbach. Namun demikian, analisis yang lebih mendalam hasil data penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh hipotesis: (1) faktor internal berpengaruh positif terhadap motivasi belajar pendidikan jasmani secara signifikan dan indikator yang paling dominan yaitu rasa ketertarikan pada minat belajar peserta didik, (2) faktor internal berpengaruh positif terhadap hasil belajar pendidikan jasmani sekolah dasar secara signifikan dan indikator yang paling dominan yaitu kecerdasan atau intelegensi peserta didik, (3) faktor eksternal berpengaruh positif terhadap motivasi belajar pendidikan jasmani secara signifikan dan indikator yang paling dominan yaitu guru, (4) faktor eksternal berpengaruh positif terhadap hasil belajar pendidikan jasmani sekolah dasar secara signifikan dan indikator yang paling dominan yaitu guru, serta (5) motivasi belajar pendidikan jasmani berpengaruh positif terhadap hasil belajar pendidikan jasmani sekolah dasar secara signifikan dan indikator yang paling dominan yaitu ketekunan dalam belajar pada peserta didik yang tidak mudah patah semangat mengikuti proses pembelajaran PJOK. %Z Promotor: Prof. Dr. Tomoliyus, M.S. Kopromotor: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes.