@phdthesis{UNY81469, note = {Dosen Pembimbing: Herka Maya Jatmika, M.Pd.}, month = {March}, title = {Makna Pendidikan Jasmani Bagi Guru Pendidikan Jasmani Dalam Perspektif Kurikulum Merdeka di SMKI dan SMSR Yogyakarta}, author = {Indra Nur Martika Sari}, school = {Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan}, year = {2024}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna dari pendidikan jasmani bagi guru pendidikan jasmani di sekolah seni SMKI (Sekolah Menengah Karawitan Indonesia) dan SMSR (Sekolah Menengah Seni Rupa) di daerah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang didukung dengan pendekatan fenomenologis. Partisipan yang turut andil dalam penelitian ini tiga orang guru pendidikan jasmani yang mengajar di SMKI dan SMSR Yogyakarta. Instrumen dalam penelitian adalah peneliti sendiri dengan dibantu oleh protokol wawancara. Teknik analisis data yang digunakan ialah mengelola data, membaca dan mencatat ide yang muncul, mengklasifikasikan kode ke dalam tema, mengembangkan interpretasi, serta mempresentasikan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan pemaknaan yang berbeda berdasarkan pemaknaan dalam lingkup kategori Pendidikan Jasmani, Perubahan Kurikulum, Konsep Kurikulum Merdeka, Kesulitan atau Hambatan, dan Metode Pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hal ini berpengaruh pada munculnya treatment khusus yang diterapkan masing-masing guru Pendidikan Jasmani di sekolah yang berlatarbelakang seni yaitu pada SMKI dan SMSR Yogyakarta.}, keywords = {Kurikulum Merdeka, pendidikan jasmani, seni}, url = {http://eprints.uny.ac.id/81469/} }