eprintid: 81420 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/08/14/20 datestamp: 2024-03-20 06:51:25 lastmod: 2024-03-20 06:51:25 status_changed: 2024-03-20 06:51:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hadikusuma, M.F. creators_name: Sukirno, Sukirno title: Pengembangan Media Pembelajaran Kewirausahaan Budidaya Ayam Pedaging Berbasis Zero waste untuk Meningkatkan Minat Berwirausaha Mahasiswa. ispublished: pub subjects: D3 subjects: media_pend divisions: pps_ip full_text_status: restricted keywords: minat berwirausaha, pembelajaran kewirausahaan, zero waste abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran kewirausahaan budidaya ayam pedaging berbasis zero waste untuk meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa berupa kandang budidaya, buku panduan penggunaan kandang, dan modul budidaya ayam pedaging. Menguji kelayakan media pembelajaran kewirausahaan budidaya ayam pedaging berbasis Zero waste untuk meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa. Menguji keefektifan media pembelajaran kewirausahaan budidaya ayam pedaging berbasis Zero waste untuk meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa. Menganalisis kepraktisan media pembelajaran kewirausahaan budidaya ayam pedaging berbasis Zero waste untuk meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa. Penelitian dilaksanakan berdasarkan metode research and development yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel & Semmel 4D. Subjek penelitian adalah mahasiswa keguruan di STKIP Majenang, perguruan tinggi swasta wilayah LLDIKTI 6 eks Karesidenan Cilacap. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji coba terbatas dilaksanakan dengan one sample t test design dan teknik analisis data menggunakan uji t. Uji coba diperluas dilaksanakan dengan one sample t test design, penghitungan uji dilakukan menggunakan SPSS 26 dan Uji kepraktisan peneliti menggunakan Conten Validity Index (CVI) yang dibantu dengan microsoft excel. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) media pembelajaran kewirausahaan budidaya ayam pedaging berbasis zero waste untuk meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa berupa kandang budidaya, buku panduan penggunaan kandang, dan modul budidaya ayam pedaging. (2) Media pembelajaran kewirausahaan berbasis zero waste divalidasi oleh ahli isi/materi, ahli desain, dan ahli media dan menghasilkan kelayakan dengan kategori tinggi. (3) Uji coba kepraktisan media pembelajaran kewirausahaan berbasis zero waste menghasilkan media pembelajaran yang praktis digunakan dengan kategori baik, (4) Uji efektivitas menunjukkan media pembelajaran kewirausahaan berbasis zero waste yang dihasilkan efektif meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa. date: 2023-11-15 date_type: published institution: Sekolah Pascasarjana department: Ilmu Pendidikan thesis_type: disertasi referencetext: Afifi, Ruhana dan Yulisma, Lia. Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Praktikum untuk Meningkatkan Intensi Berwirausaha Mahasiswa. Quangga: Junrnal Pendidikan dan Biologi. Vol. 12, No. 1, Januari 2020, 17-23. Agung, A. A. G. (2010). Penelitian Pendidikan: Suatu Pengantar. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha. Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Akbar, S.& H. Sriwiyana. (2011). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Cipta Media Ali, Hikmah M, dkk. Prospek Pengembangan Peternakan Berkelanjutan Melalui Sistem Integrasi Tanaman-Ternak Model Zero waste di Sulawes Selatan. Jambi. 2010. Fakultas Peternakan Universitas Jambi. Alimudin, Arasy. Strategi Pengembangan Minat Wirausaha Melalui Proses Pembelajaran. E-Jurnal Manajemen Kinerja. I-ISSN: 2407-7305. Ambarwati, Lilis dan irfan, Muhammad. Inovasi Pengloahan Ransum Berbasis Zero waste di Kelompok Ternak Sapituo Kecamatan Balanipa. Jurnal Pengabdiam kepada Masyarakat. Vol. 1, No. 1 Tahun 2022. Andini, Sopiah, dkk. Strategi Pengolahan Sampah dan Penerapan Zero Wate di Lingkungan Kampus STKIP Kusuma Negara. Jurnal Citizenship Virtues. September. 2022. Vol. 2 No. 1, Hal : 273-281. Arends, R. I. (1997). Classroom. instruction and management. New York: McGraw-Hill Book Company. Arends, R. I. and Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning becoming an accomplished teacher. New York: Routlegge. Asyari, Niluk Rozalia dan Russanti, Irma. Pengembangan Media Video Tutorial Zero waste Pattern Blus Banesa Melalui YouTube. 2023. September. Vol.6, No. 1. Hal. 1848-1859. Azizah dkk. Pengembangan Model Pembelajaran E-Commerce dalam Menigkatkan Minat Wirausaha Mahasiswa. 217 Borg, W. R. & Gall, M. D. (2003). Educational research: an introduction (7th ed.). New York: Longman, Inc. Colin Marsh. (1996). Handbook For Beginning teachers. Sydney : Addison Wesley Longman Australia Pry Limited. Dahliani. (2015). Local Wisdom In Built Environment In Globalization Era. Internasional. Journal of Education and Research. 31(6) Darmawan, Indra. Menumbuhkan Minat Berwirausaha Mahasiswa Melalui Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Caring Economics. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 10(1), 2021, hal 9-16. Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas. Dimyati, Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Downing, K. & Chim, T. M. (2004) Reflectors as online extraverts? Educational Studies, 30, 265–276. Drucker, P.F. (2015). Inovation and Entrepreneurship: Practice and Principles. New York : Roudledge Drucker, Peter F. (1996). Inovasi dan Kewiraswastaan: Praktek dan Dasar-dasar. Jakarta: Erlangga. Fradani, Ayis Crusma dan Astuti, Rika Pristian Fitri. Pengembangan Media Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Komik Untuk Siswa di SMK Negeri 1 Bojonegoro. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan Vol. 8 No. 2 Hal 111-120. Gagne, R. M. (1985). The cognitive psycology of school learning. Boston: Little Brown. Gay, L. R. (1991). Educational evaluation and measurement: Competencies for analysis and application. Second edition. New York: Macmillan Publishing Compan. 218 Ginting, Charisma K.S.,Irsad Lubis, dan Kasyful Mahali. (2008). “Pembangunan Manusia di Indonesia”. Wahana Hijau Jurnal Perencanaan dan Pengembangan Wilayah, 4(1), 17-24 Hasbi, A. R. dan Dewi, S. R. (2022). Pengaruh Sosial Ekonomi terhadap Minat Pemuda dalam Berwirausaha Ayam Potong di Kota Palopo. Agrimor :Jurnal Agribisnis Lahan Keering, 7 (2), 63-69. Hewitt, D., (2008). Understanding effective learning: strategies for the classroom. England: Open University Press Hisrich, D. R. & Peter P. M. (1989). Entrepreneurship: Starting, development, and managing a new enterfrise. Fifth Edition, USA: Richard D. Irwin, Inc. Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran: Isu-isu metodis dan paradigmatisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Januari, Epifania Kurnia. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukatif Berbasis Android “ My Journal” dalam Pembelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa di SMK Kelas X. Yogyakarta. Joko Suprayitno, Iswahyudi dkk. 2015. “Pengaruh Tingkat Pendidikan terhadap Jumlah Pengangguran di Kota Semarang.” Prosiding Universitas Muhammadiyah Semarang. 235-240 Joyce, B. & Weil, M. (1980). Models of teaching. Boston, MA: Person Education. Joyce, B., Weil, M. & Calhoun, E. (2016). Models of teaching. Edisi Kesembilan. Diterjemahkan oleh Rianayati Kusmini Pancasari. Yogyakarta: PustakaPelajar. Joyce, Bruce dan Masha Weil. (1986). Models of Teaching Third Edition. New Jersey: Prentice-Hall Inc. Englewood Cliffs. Judiadi, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 16 (3): 280-289. Kasali, Rhenald dkk. (2010). Modul Kewirausahaan. Jakarta: Hikmah (PT. Mizan Publika) 219 Kasmir. (2011). Kewirausahaan. Jakarta: Rajawali Pers. Keindita, Rania dan Kustini, Kustini. Analisis Kemampuan Penggunaan Media Sosial dan Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN VETERAN Jawa Timur. Management Studies and Enterpreneurship Journal: Vol 3(6) 2022: 3526-3533. Kemendikbud. (2014). Prakarya dan kewirausahaan. Jakarta: Pusat Kurikulum Dan Perbukuan, Balitbang. Ki Hajar Dewantara. (1977). Bagian Pertama. Pendidikan. Yogyakarta: Persatuan taman Siswa. Kline, P. (2000). The Handbook of Psychological Testing (2nd ed). New York: Routledge. Koentjaraningrat. (1981). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Aksara Baru Kompas.com. 2017, Pemerintah Target Ciptakan 5.000 Wirausaha Baru. https://bisniskeuangan.kompas.com/read/2017/03/05/080000226/2017.pe merintah.target.ciptakan.5.000.wirausaha.baru. Diakses 5 Mei 2017 Koran Tempo. Angkatan Kerja Februari 2017 Meningkat Sebanyak 131,55 Juta. https://bisnis.tempo.co/read/872547/angkatan-kerja-februari-2017- meningkat-sebanyak-13155-juta. Diakses 5 Mei 2017. Koran Tempo. Dibanding Akhir 2016, Ekonomi Kuartal I 2017 Turun 0,34 Persen. https://bisnis.tempo.co/read/872504/dibanding-akhir-2016- ekonomi-kuartal-i-2017-turun-034-persen. Diakses 5 Mei 2017. Koyan, I. W. (2012). Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press. Kuratko, D. F. (2015). Entrepreneurship: Theory, process, and practice (Tenth). Indiana: Cengage Learning. Kusumadewi, Vivi. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Dan Perkembangan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal pendidikan dan ekonomi. 2020. Vol 9, No 2. Hal 105-112. 220 Law, A.M. & Kelton, W.D. (1991). Simulating modelling and analysis. New York: Me, Graw Hill, Inc. Lembaga Research Kebudayaan nasional-LlPI. (1994). Manifestasi Budaya Indonesia. Bandung: Badan Pengembangan Departemen Luar Negeri Bekerjasama Alumni. Lestari, Neta Dian dan Toyib, Muhammad. Limbah Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran Untuk Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Universitas PGRI Palembang. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 4 No. 3 Nopember, 2017, hal 227-240. Luik, P. (2006). Web based learning or face to face teaching preferences of Estonian Students. Tersedia [online] www. aare. edu. au/06pap/lui06159. pdf [20 Juli 2017]. Mahardika, nidya shara dkk. Pembuatan Pakan Ternak Fermentasi Dan Penerapan Zero Wate Sebagai Upaya Pemberdayaan Peternak Ayam broiler Di Kabupaten Bondowoso. Seminar Nasional Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Jember. 2018. Hal 702-706 Mardiyatmo. (2008). Kewirausahaan untuk SMK. Surakarta : Yudhistira Meredith, George, et. al. (1992). Kewirausahaan : Teori dan Praktek, Jakarta: PT Binaman Pessindo. Meredith, George. 2002. Kewirausahaan Teori dan Praktek. Jakarta: PPM Moerdiyanto. (2008). Bahan Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru (PLPG).Yogyakarta:UNY Press. Mulyani, Endang. (2011). Model Pendidikan Kewirausahaan di Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1), 1-18 Mulyani, Endang. (2014). Pengembangan Model Pembelajaan Berbasis Projek Pendidikan Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Sikap, Minat, Perilaku Wirausaha, dan Prestasi Belajar Siswa Smk. Cakrawala Pendidikan, 33(1), 50-61. 221 Mungmachon, Roikhwanphut. (2012). Knowledge and Local Wisdom: Community Treasure. Intemasional Journal Of Humanities and Social Science, 2(13), 174-181. Mustafa, Edi dkk. Pengembangan Media Pembelajaran Kewirausahaan Online untuk Mahasiswa Universitas Negeri Padang. JRTI (JurnalRiset Tindakan Indonesia). 2022. Vol. 7, No. 2, Hal. 77-83. Mutis, Thoby, (1995). Pembangunan Koperasi. Jakarta : Yayasan Bina Bakti Pratama Nasution. (2010). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar (Cetakan Ke-14). Jakarta: PT. Bumi Aksara. Natalia Lia, Rodia Syamwil, Sus Widayani. (2017). Model Pembelajaran Keterampilan Vokasional Berbasis Potensi Lokal di SMA Wilayah Kalimantan. Journal of Vocational and Career Educational, 2(2), 50-58. Nazarudin, Mgs. (2007). Manajemen Pembelajaran, Yogyakarta: Teras Nitko, A. J. & Brookhart, S. M. (2007). Educational assessment of student. Upper Saddle River, NJ: Pearson MelTill Prentice Hall. Novitasyari, Wiwin dkk. Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga Universitas Pendidikan Indonesia. Media Pendidikan, Gizi Dan Kuliner. 2017. Vol. 6, no. 2. Hal 81-93. Nuraenah, nani dkk. IbM Pengembangan Produk Berbasis Lele dengan Konsep Zero waste Process di Kelurahan Sungai Jawi Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak. Jurnal Teknologi Pangan. 2016. Vol. 7 No. 2: 68-73. Nurgiyantoro, B., Gunawan, Marzuki. (2004). Statistik terapan untuk penelitian ilmu-ilmu sosial. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada Press. Pujoalwanto, Basuki.(2014). Perekonomian Indonesia; Tinjauan Historis, Teoritis, dan Empiris. Yogyakarta: Graha Ilmu. Riana, R. dan Setiadi, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Mind Mapping Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Ekspositoris. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 18(1),109- 122. 222 Sagala, Syaiful. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar (Cetakan Ke-9). Bandung: Alfabeta Salim, Siagian dan Asfahani. (1995). Kewirausahaan Indonesia dengan semangat 17.8.45. Kloang Klede Jaya PT Putra Timur bekerjasama dengan Puslatkop dan PK Depkop dan PPK. Jakarta Santyasa, I.W. (2102). Pembelajaran inovatif. Singaraja: Undiksha Press. Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Sanjaya, Wina. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Sapir, Heri Pratikto, Wasiti, Agus Hermawan.(2014). Model Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Kearifan Lokal Untuk Penguatan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 21(1), 79-91. Sardiman, A. M. (2004). Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. Jakarta: PT Graha Grafindo Persada . Sarlito, WS. (2015). Psikologi Lintas Budaya. Jakarta: Rajawali Pers Schumpeter, J.A. (1994). An Entrepreneurial System. Germany: Philips Marburg. Slameto, (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta. Slavin, R. (1994). Educational psychology, theory and practice (4th ed). Masshusetts: Allyn & Bacon Publisher. Soekamto, dkk. (1980). Petunjuk Guru Antropologi Budaya. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Soenarih, Asih dkk. Penguatan kelompok Budidaya Lalat Hitam (Bu Latih) Sebagai Upaya Mewujudkan Program Zero Wate di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, Jurnal Program Studi Pendidikan Masyarakat. Juni. 2021. Vol. 2 No. 1. Hal: 9-11. 223 Sudarmiatin. (2009). Entrepreneurship dan Metode Pembelajaraanya di SMK. Jurnal Ekonomi Bisnis.14(2), 102-113 Sudirman dkk. (2014). Referensi Muatan Lokal Sejarah dan Budaya Berdirinya Kerajaan Karang Asem Bali di Lombok 1720. Mataram: Primaguna Suherman, E. (2008). Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung : Alfabeta. Sujadi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineka cipta Sukirno, Sadono. (2011). Makroekonomi Teori Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers Sukmadinata, Nana Syaodih. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sunyoto, D. & Wahyuningsih, A. (2009). Panduan Kewirausahaan: Teori, Evaluasi & Wirausaha Mandiri. Bogor: Jelajah Nusa. Supeni, Retno Endah dan Efendi, Muhammad. Minat Mahasiswa Dalam Berwirausaha Perguruan Tinggi Swasta Di Kabupaten Jember. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper Ekonomi dan Bisnis. 2017, hal 449- 463. Suprapto, Hugo Aries. Strategi Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Teknologi Informasi (T.I) Terhadap Peningkatan Minat Mahasiswa Menjadi Wirausaha. 2018. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan. Vol. 18 No. 1. Hal: 61-73. Suryana. (2003). Kewirausahaan, Pedoman Praktis Kiat dan Proses Menuju Sukses. Bandung:Salemba Empat, Susilawaty, Eka Astra. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Da Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jaournal of Business Administration (JBA), Juni 2022, Vol 2, No1.hal 1-15. Suyono & Hariyanto. (2015). Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Syaikhullah, Gayuh, Aan Awaludin, M. Adhyatma. Implementasi Budidaya Black Soldier Fly (BSF) Sebagai Sumber Pakan Alternatif dan Instrumen Zero waste System Serta Biosecurity di Kelompok Ternak Joyo Sedoyo Farm. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) Ke-7. Vol. 7 No. 3 (2021). 224 Tim Dosen Kewirausahaan. (2010). Modul Kewirausahaan. Jakarta: Yayasan Rumah Perubahan. Travelancya, Tarza dkk. Mengembangkan Minat Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Timbangan Tradisional. Jurnal pendidikan dan korseling vol. 4 No 6 tahun 2022, hal 11394-11398. Trianto. (2009). Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher. Udiyani, Desak Putu Citra dkk. Pelatihan Pengolahan Limbah Berbasis Zero waste pada Kelompok Remaja Desa Kerta, Payangan. Jurnal Pelayanan Hubungan Masyarakat. Juni 2023. Vol. 1. No. 2. Hal 8-17. Wati, Laily Fitri. (2018). Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Potensi Lokal Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS 3(1), 39-47 Widagdho, Djoko. dkk. (2010). Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara Winarno, A. (2009). Pengembangan Model Pembelajaran Internalisasi Nilai-Nilai Kewirausahaan pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Malang. Jurnal Ekonomi Bisnis, (2), 124–131. Winataputra, Udin S. (1995). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Deksikbud Winkel, W. S. 2007. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi Winkel,W.S. (2004). Bimbingan dan Konseling Di Sekolah Menengah (cetakan VII) Edisi revisi. Jakarta :Grasindo Wirasasmita, Rasyid Hardi, Baiq Desi DwiArianti, Muhammad Zamroni Uska, Yosi Nur Kholisho, Zoatul Wardi. Edukasi Zero waste BerbasisiTeknologi Informasi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. Vol. 1, No.2, Desember 2020. Hal. 35-42. Yang, M. Y., Manlai, Y., & Chen, F.C. (2005). Competences And Qualification.For Industrial Design Jobs: Implication For Design Praktice, Education, And Student Career Guidance. Elservier Ltd. 225 Zimmerer, T.W., Scarborough, N.M., & Wilson, D. (2008). Essentials of entrepreneurship and small business management (5thed). New Jersey: Pearson Education, Inc. Adhiguna, B., & Bramastia, B. (2021). PANDANGAN AL-QUR’AN TERHADAP ILMU PENGETAHUAN DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SAINS. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2). https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i2.57257 Aghni, R. I. (2018). FUNGSI DAN JENIS MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173 Antara, I. G. W. S., & Dewantara, K. A. K. (2022). E-Scrapbook: The Needs of HOTS Oriented Digital Learning Media in Elementary Schools. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1). https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.48533 Aslamiah, A., Cinantya, C., & Rafianti, W. R. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif bagi Guru–guru Sekolah Dasar di Banjarmasin. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.6520 Bulkani, Fatchurahman, M., Adella, H., & Andi Setiawan, M. (2022). Development of animation learning media based on local wisdom to improve student learning outcomes in elementary schools. International Journal of Instruction, 15(1). https://doi.org/10.29333/iji.2022.1514a Darmadi, Budiono, & M. Rifai. (2022). Pembelajaran STEAM Sebagai Pembelajaran Inovatif. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(8). https://doi.org/10.55927/mudima.v2i8.924 Ekananda, G. R. (2019). Pengembangan Media Belajar Mengajar IPA dengan Penerapan Melalui Pembelajaran Konstruktivisme Development of Learning Media to Teach IPA by Application Through Constructivity Learning. ScienceEdu. https://doi.org/10.19184/se.v2i2.15062 Firdaus, F. E., Imelda, D., Lubena, L., Visca, R., & Anisah, A. (2020). Pembekalan Wirausaha Pupuk Kompos Mengadopsi Pola Circular Economy dalam Kerangka Zero Waste di Pesantren Riyadhul Huda Bogor. ABDI LAKSANA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1). 226 Fosnot, C. T., & Perry, R. S. (1996). Constructivism: A psychological theory of learning. Constructivism: Theory, Perspectives, and Practice, 2, 8–33. Gunawan, D., Bkpsdmd, W., Kepulauan, P., & Belitung, B. (2020). Fungsi Media Pembelajaran Menggunakan Metode Distance Learning Pelatihan Kepemimpinan Administrator. Tawshiyah: Jurnal Sosial Keagaman Dan Pendidikan Islam, 15(2). Hakiki, R., Muchson, M., Sulistina, O., & Febriana, A. (2022). The Development of Learning Media Based on Augmented Reality, Hologram, and Ludo Game on The Topic of Molecular Shapes. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(4). https://doi.org/10.3991/ijim.v16i04.28989 Hasbi, A. R., & Dewi, S. R. (2022). Pengaruh Sosial Ekonomi terhadap Minat Pemuda dalam Berwirausaha Ayam Potong di Kota Palopo. AGRIMOR, 7(2). https://doi.org/10.32938/ag.v7i2.1510 Lubena, L., Imelda, D., Naidir, F., Ratnawati, N., Samodrawati, D., & F, F. E. (2021). Pengayaan Teknologi Pengelolahan Sampah Plastik Menuju Wirausaha Mandiri di Pondok Pesantren Riyadhul Huda Kampung Babakan Ciangsana Kabupaten Bogor. Dedikasi:Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.31479/dedikasi.v1i2.84 Mustafa, E., Sukardi, S., Yulastri, A., & Anwar, M. (2022). Pengembangan media pembelajaran kewirausahaan online untuk mahasiswa universitas negeri padang. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(2). https://doi.org/10.29210/30031519000 Nelson, S., Darni, R., & Haris, F. (2022). Development Augmented Reality (AR) Learning Media for Pencak Silat Course at Faculty of Sports and Science Universitas Negeri Padang. Educational Administration: Theory and Practice, 28(1). https://doi.org/10.17762/kuey.v28i01.322 Nuryatin, A., Rokhmansyah, A., Hawa, A. M., Rahmayanti, I., & Nugroho, B. A. (2023). Google Classroom as an Online Learning Media for Indonesian Language Learning During COVID-19 Pandemic. Journal of Language Teaching and Research, 14(1). https://doi.org/10.17507/jltr.1401.27 Olivia, M., & Nuringsih, K. (2022). PERAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN MEDIA SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS BERWIRAUSAHA. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 6(1). https://doi.org/10.24912/jmieb.v6i1.13360 Pohan, J. E. (2019). Filsafat Pendidikan: Teori Klasik Hingga Postmodernisme dan Problematikanya di Indonesia (Cetakan 1). PT Raja Grafindo Persada. 227 Priyanti, R. (2019). Pembelajaran inovatif abad 21. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, ISBN : 978. Ristati, R., & Savitri, S. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Kelas Online (Daring) pada Masa Pandemi COVID-19. Pengabdian Kampus : Jurnal Informasi Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat, 9(1). https://doi.org/10.52850/jpmupr.v9i1.4650 Royami, T., Ismail, K., & Afifah, S. (2022). Analisis Pembelajaran Kewirausahaan Dalam Membentuk Jiwa Entrepreneur Peserta Didik Kelas Ix Ips Di Ma Nurul Huda Sukaraja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi Volume, 6(1). Shohibul Ihsan, M., Husain, P., Ihwan, K., Fitriah, L., Hasena, M., & Pahmi, A. S. (2023). Sosialisasi Program Zero Waste dan Pengolahan Sampah untuk Mewujudkan Lingkungan yang Bersih dan Sehat di Desa Pringgajurang Utara, Lombok Timur. LUMBUNG NGABDI: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 1(2). https://doi.org/10.51806/ngabdi.v1i1.3 Silahuddin, A. (2022). Pengenalan Klasifikasi , Karakteristik , Dan Fungsi Media Pembelajaran Ma Al-Huda Karang Melati. I d a a r a t u l ‘ U l u m ( J u r n a l P r o d i M P I ), 4(2). Simanjuntak, H., Sembiring, E. L., Kudadiri, R. T., Sianturi, L., Tambunan, W. G., Sianturi, S. T. L., & Bangun, A. A. R. (2023). Pembelajaran Menyenangkan dengan Menggunakan Media Pembelajaran dan Metode Bervariasi pada Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1). Siswahyudianto. (2017). Menatap Bisnis Ritel Syariah. Optima, Vol 1, No. Taufik, M. S., Ridlo, A. F., Solahuddin, S., Iskandar, T., & Taroreh, B. S. (2022). Application of YouTube-Based Virtual Blended Learning as a Learning Media for Fundamental Movement Skills in Elementary Schools during the Covid Pandemic 19. Annals of Applied Sport Science, 10(1). https://doi.org/10.52547/aassjournal.1020 Winarno, A. (2009). Pengembangan Model Pembelajaran Internalisasi Nilai-Nilai Kewirausahaan pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Malang. Jurnal Ekonomi Bisnis, 2, 124–131. Yunengsih, N., Rostini, D., & Tejawiani, I. (2022). Manajemen Pendidikan Kewirausahaan Bagi Peserta Didik Paket C pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat di Kabupaten Karawang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1047 228 Adhiguna, B., & Bramastia, B. (2021). PANDANGAN AL-QUR’AN TERHADAP ILMU PENGETAHUAN DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SAINS. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2). https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i2.57257 Aghni, R. I. (2018). FUNGSI DAN JENIS MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173 Antara, I. G. W. S., & Dewantara, K. A. K. (2022). E-Scrapbook: The Needs of HOTS Oriented Digital Learning Media in Elementary Schools. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1). https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.48533 Aslamiah, A., Cinantya, C., & Rafianti, W. R. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif bagi Guru–guru Sekolah Dasar di Banjarmasin. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.6520 Bulkani, Fatchurahman, M., Adella, H., & Andi Setiawan, M. (2022). Development of animation learning media based on local wisdom to improve student learning outcomes in elementary schools. International Journal of Instruction, 15(1). https://doi.org/10.29333/iji.2022.1514a Darmadi, Budiono, & M. Rifai. (2022). Pembelajaran STEAM Sebagai Pembelajaran Inovatif. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(8). https://doi.org/10.55927/mudima.v2i8.924 Ekananda, G. R. (2019). Pengembangan Media Belajar Mengajar IPA dengan Penerapan Melalui Pembelajaran Konstruktivisme Development of Learning Media to Teach IPA by Application Through Constructivity Learning. ScienceEdu. https://doi.org/10.19184/se.v2i2.15062 Firdaus, F. E., Imelda, D., Lubena, L., Visca, R., & Anisah, A. (2020). Pembekalan Wirausaha Pupuk Kompos Mengadopsi Pola Circular Economy dalam Kerangka Zero Waste di Pesantren Riyadhul Huda Bogor. ABDI LAKSANA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1). Fosnot, C. T., & Perry, R. S. (1996). Constructivism: A psychological theory of learning. Constructivism: Theory, Perspectives, and Practice, 2, 8–33. Gunawan, D., Bkpsdmd, W., Kepulauan, P., & Belitung, B. (2020). Fungsi Media Pembelajaran Menggunakan Metode Distance Learning Pelatihan 229 Kepemimpinan Administrator. Tawshiyah: Jurnal Sosial Keagaman Dan Pendidikan Islam, 15(2). Hakiki, R., Muchson, M., Sulistina, O., & Febriana, A. (2022). The Development of Learning Media Based on Augmented Reality, Hologram, and Ludo Game on The Topic of Molecular Shapes. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(4). https://doi.org/10.3991/ijim.v16i04.28989 Hasbi, A. R., & Dewi, S. R. (2022). Pengaruh Sosial Ekonomi terhadap Minat Pemuda dalam Berwirausaha Ayam Potong di Kota Palopo. AGRIMOR, 7(2). https://doi.org/10.32938/ag.v7i2.1510 Kristanti, N. N. D., & Sujana, I. W. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pembelajaran Kontekstual Muatan IPS pada Materi Kenampakan Alam. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.46908 Lubena, L., Imelda, D., Naidir, F., Ratnawati, N., Samodrawati, D., & F, F. E. (2021). Pengayaan Teknologi Pengelolahan Sampah Plastik Menuju Wirausaha Mandiri di Pondok Pesantren Riyadhul Huda Kampung Babakan Ciangsana Kabupaten Bogor. Dedikasi:Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.31479/dedikasi.v1i2.84 Mustafa, E., Sukardi, S., Yulastri, A., & Anwar, M. (2022). Pengembangan media pembelajaran kewirausahaan online untuk mahasiswa universitas negeri padang. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(2). https://doi.org/10.29210/30031519000 Nelson, S., Darni, R., & Haris, F. (2022). Development Augmented Reality (AR) Learning Media for Pencak Silat Course at Faculty of Sports and Science Universitas Negeri Padang. Educational Administration: Theory and Practice, 28(1). https://doi.org/10.17762/kuey.v28i01.322 Nuryatin, A., Rokhmansyah, A., Hawa, A. M., Rahmayanti, I., & Nugroho, B. A. (2023). Google Classroom as an Online Learning Media for Indonesian Language Learning During COVID-19 Pandemic. Journal of Language Teaching and Research, 14(1). https://doi.org/10.17507/jltr.1401.27 Olivia, M., & Nuringsih, K. (2022). PERAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN MEDIA SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS BERWIRAUSAHA. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 6(1). https://doi.org/10.24912/jmieb.v6i1.13360 Pohan, J. E. (2019). Filsafat Pendidikan: Teori Klasik Hingga Postmodernisme dan Problematikanya di Indonesia (Cetakan 1). PT Raja Grafindo Persada. 230 Priyanti, R. (2019). Pembelajaran inovatif abad 21. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, ISBN : 978. Ristati, R., & Savitri, S. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Kelas Online (Daring) pada Masa Pandemi COVID-19. Pengabdian Kampus : Jurnal Informasi Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat, 9(1). https://doi.org/10.52850/jpmupr.v9i1.4650 Royami, T., Ismail, K., & Afifah, S. (2022). Analisis Pembelajaran Kewirausahaan Dalam Membentuk Jiwa Entrepreneur Peserta Didik Kelas Ix Ips Di Ma Nurul Huda Sukaraja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi Volume, 6(1). Shohibul Ihsan, M., Husain, P., Ihwan, K., Fitriah, L., Hasena, M., & Pahmi, A. S. (2023). Sosialisasi Program Zero Waste dan Pengolahan Sampah untuk Mewujudkan Lingkungan yang Bersih dan Sehat di Desa Pringgajurang Utara, Lombok Timur. LUMBUNG NGABDI: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 1(2). https://doi.org/10.51806/ngabdi.v1i1.3 Silahuddin, A. (2022). Pengenalan Klasifikasi , Karakteristik , Dan Fungsi Media Pembelajaran Ma Al-Huda Karang Melati. I d a a r a t u l ‘ U l u m ( J u r n a l P r o d i M P I ), 4(2). Simanjuntak, H., Sembiring, E. L., Kudadiri, R. T., Sianturi, L., Tambunan, W. G., Sianturi, S. T. L., & Bangun, A. A. R. (2023). Pembelajaran Menyenangkan dengan Menggunakan Media Pembelajaran dan Metode Bervariasi pada Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1). Siswahyudianto. (2017). Menatap Bisnis Ritel Syariah. Optima, Vol 1, No. Taufik, M. S., Ridlo, A. F., Solahuddin, S., Iskandar, T., & Taroreh, B. S. (2022). Application of YouTube-Based Virtual Blended Learning as a Learning Media for Fundamental Movement Skills in Elementary Schools during the Covid Pandemic 19. Annals of Applied Sport Science, 10(1). https://doi.org/10.52547/aassjournal.1020 Winarno, A. (2009). Pengembangan Model Pembelajaran Internalisasi Nilai-Nilai Kewirausahaan pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Malang. Jurnal Ekonomi Bisnis, 2, 124–131. Yunengsih, N., Rostini, D., & Tejawiani, I. (2022). Manajemen Pendidikan Kewirausahaan Bagi Peserta Didik Paket C pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat di Kabupaten Karawang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1047 231 https://www.youtube.com/watch?v=SLgrVrAguss https://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/download/655/395 https://radarsolo.jawapos.com/daerah/solo/13/06/2022/aksi-peduli-lingkungan- dan-bersihkan-cfd-jangan-hanya-gerakan-sesaat/ citation: Hadikusuma, M.F. and Sukirno, Sukirno (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Kewirausahaan Budidaya Ayam Pedaging Berbasis Zero waste untuk Meningkatkan Minat Berwirausaha Mahasiswa. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/81420/1/disertasi_m.%20f.%20hadikusuma_16703261036.pdf