eprintid: 81294 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/08/12/94 datestamp: 2024-03-08 02:34:47 lastmod: 2024-03-08 02:34:47 status_changed: 2024-03-08 02:34:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Tisngati, Urip creators_name: Dardiri, Achmad title: Pola Pendidikan Karakter bagi Calon Guru Sekolah Dasar. ispublished: pub subjects: D1 subjects: pend_bimbingan divisions: pps_ip full_text_status: restricted keywords: Pola, Pendidikan Karakter, Calon Guru, Sekolah Dasar. abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) menemukan pola pendidikan karakter bagi calon guru sekolah dasar di STKIP PGRI Pacitan, dan (2) menemukan karakteristik pendidikan karakter bagi calon guru sekolah dasar di STKIP PGRI Pacitan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan studi kasus tunggal, yaitu pola pendidikan karakter bagi calon guru sekolah dasar di STKIP PGRI Pacitan. Sumber data adalah pelaksana pendidikan karakter yang ditentukan melalui purposive sampling dengan syarat aktif menjalankan tugas pokok fungsinya dan memiliki pengetahuan cukup sesuai dengan tujuan penelitian. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dan dianalisa menggunakan model Spradley meliputi analisis domain, taksonomi, komponensial, dan tema. Teknik keabsahan data adalah triangulasi teknik dan sumber serta dianalisa secara thick description sesuai fokus penelitian. Hasil penelitian sebagai berikut. (1) Perguruan tinggi memiliki peran penting dalam merumuskan pola pendidikan karakter bagi calon guru sekolah dasar. Polanya berupa integrasi pendidikan karakter pada visi. Visi perguruan tinggi harus dirumuskan dengan jelas dan terukur, sehingga bisa dimengerti dan dijalankan oleh semua pihak, termasuk pimpinan, dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, dan alumni. Pendidikan karakter juga diintegrasikan dalam berbagai aspek tri darma perguruan tinggi, seperti pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kegiatan kemahasiswaan, budaya kampus, dan aktivitas sehari-hari relevan dengan peran perguruan tinggi sebagai pusat pendidikan. (2) karakteristik pendidikan karakter bagi calon guru sekolah dasar tereksplorasi pada aspek input, proses, dan output. Input pendidikan karakter tergali dari falsafah Pancasila, konsep Ki Hadjar Dewantara, dan konsep Lickona melalui proses keteladanan pada kegiatan akademik dan nonakademik, intervensi pada kegiatan tridarma perguruan tinggi, habituasi di lingkungan kampus, dan pembudayaan di lingkungan luar kampus sehingga menghasilkan bentuk pengetahuan moral (pengetahuan, kesadaran, pemahaman), perasaan moral (empati, kendali diri), dan tindakan moral (pembiasaan, pembudayaan) serta ditemukan karakter utama: religius, mandiri, disiplin, siaga bencana. date: 2023-10-27 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Ilmu Pendidikan thesis_type: disertasi referencetext: Abdi, A. W. (2016). Peran perguruan tinggi dalam membangun karakter generasi muda. Jurnal Pendidikan Geosfer, 1(2), 35–44. Afifah, R. N., & Khamidi, A. (2022). Peran guru dalam pengembangan karakter peserta didik di tingkat sekolah dasar. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(1), 132–141. Agustini, S. (2015). Building students character through culture school in. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2), 219–228. Aisy, A. R., & Adzani, H. N. (2019). Pengembangan kemampuan menulis pada anak usia 4-5 tahun di tk primagama. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 141– 148. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.28813 Aisyah, A. (2017). Pendidikan Karakter Pengembangan Nilai Budaya Akademik dan Etika Mahasiswa dalam Berperilaku di Lembaga Pedidikan Tenaga Pendidikan. Prosiding PPS Universitas PGRI Palembang. Amriani. (2021). Penguatan karakter religius mahasiswa melalui pendidikan al islam kemuhammadiyahan (Studi kasus di universitas muhammadiyah palopo). Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 759–765. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v6i1.1458 Anam, K., Wiradharma, G., Anggrini, C. C. D., & Sudarwo, R. (2022). Analisis kompetisi guru sekolah dasar di provinsi nusa tenggara barat. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 5(2), 253– 265. https://doi.org/10.31539/alignment.v5i2.4552 Andriany, L. (2016). Model pendidikan karakter di perguruan tinggi (terinternalisasi dalam catur dharma dan budaya kampus). PT. Anugerah Semesta Persada. Anita, A., & Kartowagiran, B. (2019). Karakter religius pada mahasiswa program pascasarjana universitas negeri yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v9i2.26838 Aqib, Z., & Amrullah, A. (2017). Pedoman Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Gava Media. Arjanggi, R. (2012). Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islami, 277–283. Arslan, D., & Karatas, Z. (2015). Mirror of Prospective Teachers’ Mind: Metaphors. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197(February), 1464–1471. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.096 250 Aryana, I. M. P. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter (Kajian Filsafat Pendidikan). Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa Dan Sastra, 11(1), 1–10. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/Kalangwan/article/view/2372/1808 Asih, E. R., & Sholeh, M. (2020). Pengaruh servant leadership dan budaya sekolah terhadap kinerja guru di sekolah dasar Yayasan Muhammadiyah Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(2), 89–99. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/37/article/view/34151 Asmani, J. M. (2009). 7 Kompetensi Guru Menyenangkan Dan Profesional. Power Books (IHDINA). Aunillah, N. I. (2011). Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. DIVA Press. Azhari, D. S., & Alaren. (2017a). Peran Dosen dalam Mengembangkan Karakter Mahasiswa. Jurnal Pelangi, 9(2). Azhari, D. S., & Alaren, A. (2017b). Peran Dosen Dalam Mengembangkan Karakter Mahasiswa. Jurnal Pelangi, 9(2), 88–97. https://doi.org/10.22202/jp.2017.v9i2.1856 Bailey, B. P., Tettegah, S. Y., & Bradley, T. J. (2006). Clover: Connecting technology and character education using personally-constructed animated vignettes. Interacting with Computers, 18(4), 793–819. https://doi.org/10.1016/j.intcom.2005.11.013 Baluku, M. M., Mugabi, E. N., Nansamba, J., Matagi, L., Onderi, P., & Otto, K. (2021). Psychological Capital and Career Outcomes among Final Year University Students: the Mediating Role of Career Engagement and Perceived Employability. International Journal of Applied Positive Psychology, 6(1), 55–80. https://doi.org/10.1007/s41042-020-00040-w Bary, M. A., & Febrinda, A. E. (2020). Desain Penanaman Nilai Karakter pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Vokasi Menggunakan Absen Online untuk Aspek Karakter Kejujuran, Tanggung Jawab, dan Disiplin. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 60. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9874 Basri, & Dwiningrum, N. R. (2020). Peran Ormawa dalam Membentuk Nilai- Nilai Karakter di Dunia Industri (Studi Organisasi Kemahasiswaan di Politeknik Negeri Balikpapan). Al- Adabiya, 15(1). Baumeister, R. F., Vohs, K. D., & Tice, D. M. (2007). The strenght model of self- control. 16(6), 351–355. Berkowitz, M. W. (2002). The Science of Character Education. In W. Damon (Ed.), Bringing in a New Era in Character Education (1st ed., pp. 43–63). 251 Hoover Institution Press. https://doi.org/10.2307/2016365 Berkowitz, M. W., & Fekula, M. J. (1999). Educating for Character . About Campus: Enriching the Student Learning Experience, 4(5), 17–22. https://doi.org/10.1177/108648229900400504 Bowman, N. A. (2011). Promoting participation in a diverse democracy: A meta- analysis of college diversity experiences and civic engagement. In Review of Educational Research (Vol. 81, Issue 1). https://doi.org/10.3102/0034654310383047 Buan, Y. A. L. (2020). Guru dan Pendidikan Karakter Sinergitas Peran Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Era Milenial. Adab. Bukchin, S., & Kerret, D. (2020). Character strengths and sustainable technology adoption by smallholder farmers. Heliyon, 6(8). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04694 Cahyati, S. (2020). Guru Berkarakter di Sekolah. Jurnal AoEJ: Academy of Education Journal, 11(1), 63–74. Cameron, K. S., & Quinn, R. E. (2006). Diagnosing and changing organizational culture : based on the competing values framework. In Zhonghua shao shang za zhi = Zhonghua shaoshang zazhi = Chinese journal of burns (Vol. 16, Issue 1). Jossey-Bass. Choli, I. (2020). Problematika Pendidikan Karakter Pendidikan Tinggi. Tahdzib Akhlak, V(1), 57–72. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research Methods in Education. In Research Methods in Education (6th ed.). Taylor & Francis Group. Covey, S. R. (2009). The seven principles of highly effective people. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). RosettaBooks, LLC. Dardiri, A., Hanum, F., & Raharja, S. (2020). The bullying behavior in vocational schools and its correlation with school stakeholders. International Journal of Instruction, 13(2), 691–706. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13247a Davison, R. C. R., & Smith, P. M. (2018). Quantitative data analyses. In Research Methods in Physical Activity and Health. https://doi.org/10.4324/9781315158501-17 Denzin, N. K., & Lincoln, Y. (2017). The Sage Handbook of Qualitative Research. In Sage Publications (5th ed., Vol. 5). Sage Publications, Inc. Dewantara, K. H. (1977). Karya Ki Hadjar Dewantara: Bagian pertama pendidikan. Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa. 252 Dewantara, K. H. (2011). Dasar Dasar Pendidikan (pp. 1–5). Majelis Luhur Tamansiswa. https://id1lib.org/book/3416980/a551a2 Dewi, R. R., Suresman, E., & Mustikasari, L. (2020). Implementasi Kebijakan Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 9(1), 1– 15. https://doi.org/10.24235/edueksos.v9i1.6144 Dewirahmadanirwati, D. (2018). Meningkatkan Karakter Kebangsaan di Kalangan Mahasiswa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 2(3), 65–71. https://doi.org/10.36057/jips.v2i3.339 Dwintari, J. W. (2017). Kompetensi kepribadian guru dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis penguatan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 51–57. Ellis, A. K., & Grigorian, E. (n.d.). Moral Education in Teaching and Learning: Lecture 4 Character Education. Shuya State Pedagogical University. Retrieved April 3, 2023, from https://spu.edu/depts/iccs/emci/courses/lectures/teaching_learning_lec4.htm Fajariana, D. E. (2019). Peran Dosen dalam Meningkatkan Nilai-NIlai Berkarakter di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Inovasi Pendidikan EKonomi, 9(2). Fauzan, M. (2012). Upaya pembangunan karakter mahasiswa melalui kegiatan menulis karya ilmiah. Wahana Akademika, 14(2), 111–132. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/wahana/article/view/555/502 Fauziah, N. (2014). Empati, persahabatan, dan kecerdasan adversitas pada mahasiswa yang sedang skripsi. Jurnal Psikologi Undip, 13(1), 78–92. Fikri, Mu. A. Al. (2021). Peran Micro Teaching Terhadap Peningkatan Karakter Mahasiswa Calon Guru. Citizenship: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(1), 42–50. Fitriana, S. (2019). Peran kepribadian guru dalam proses belajar mengajar (analisis kritis- konstruktif atas pemikiran zakiah daradjat). Muslim Heritage, 4(2), 281–299. Gogik, B., Marlina, T., & Khoiriyah, Z. (2022). Peran guru pada pembelajaran literasi di sekolah dasar untuk merealisasikan program merdeka belajar. Bina Gogik, 9(2), 160–166. Guan, Y., Dai, X., Gong, Q., Deng, Y., Hou, Y., Dong, Z., Wang, L., Huang, Z., & Lai, X. (2017). Understanding the trait basis of career adaptability: A two- wave mediation analysis among Chinese university students. Journal of Vocational Behavior, 101, 32–42. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2017.04.004 253 Habibi, B., Basukiyatno, B., & Budiyono, B. (2017). Pendidikan Karakter di Universitas Pancasakti Tegal. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 11(1), 12. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v11i1.652 Habibi, B., & Yulianto, R. (2018). Penerapan pendidikan karakter bagi mahasiswa melalui kearifan budaya lokal di Universitas Pancasakti. Seminar Nasional Edusaintek, 404–412. Habibudidin, Burhanuddin, & Apriana, D. (2022). Kompetensi sosial guru dalam membangun kesadaran literasi budaya dan kewargaan siswa di sekolah dasar. Jurnal Didika : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 330–347. https://doi.org/10.29408/didika.v8i2.7520 Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2021). Penelitian Kualitatif. CV. Pena Persada. Hargreaves, A., & Fink, D. (2004). The Seven Principles of Sustainable Leadership. Educational Leadership, 61(7), 8–13. Harsono, Thoyyibah, K., & Narimo, S. (2022). Implementation of character education in the society 5.0. International Conference on Education Innovation and Social Society (ICEISS), 187–194. Haryanto. (n.d.). Pendidikan karakter menurut ki hadjar dewantara. In Hasil Penelitian (V ol. 1, Issue 1). https://staffnew.uny.ac.id/upload/131656343/penelitian/PENDIDIKAN+KA RAKTER+MENURUT+KI+HAJAR+DEWANTORO.pdf Hasanah, A., Arifin, B. S., Mahyani, A., & Saepurahman, A. (2022). Landasan Teori Pendidikan Karakter. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 6(1), 725–736. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.675 Hasri, S. (2016). Budaya Organisasi di Perguruan Tinggi: Studi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Abdi Bangsa Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2), 10–17. Hemafitria, Rohani, & Novianty, F. (2014). Pembinaan Karakter Mahasiswa Mellaui Organisasi Kemahasiswaan di STKIP-PGRI Pontianak. Jurnal Edukasi, 12(2). Hidayat, P. (2015). Mencetak Karakter Calon Guru Melalui Active Learning pada Perkuliahan Materi Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Jurusan PGSD FIP UNP, 1(1). Hidayati, N. (2011). Pendidikan karakter dalam sebuah pendidikan tinggi bidang fashion. Seminar Nasional 2011 “Wonderful Indonesia,” 1–12. Hobfoll, S. E. (1989). Conservation of Resources A New Attempt at Conceptualizing Stress. 254 Idhar. (2020). Guru ideal dalam pendidikan islam. In Fitrah (Vol. 11, Issue 1, p. 45). Ilaltdinova, E. Y., Frolova, S. V, & Sergeeva, T. N. (2021). Character Education Competence of a Teacher in the Profesional Life Cycle. Proceedings IFTE, 0647–0657. Indana, N., & Rofiah, R. (2021). Kompetensi kepribadian guru dalam pembinaan akhlak siswa (studi kasus di mts al-ma’arif brudu sumobito jombang). Ilmuna, 3(1), 46–64. Iqbal, R. (2022). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi. Jurnal An-Nur:Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 8, 338–352. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/179/159 Januarti, N. E. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Perkuliahan Etika Dan Profesi Keguruan. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 240–254. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.16258 Jensen, T. (2010). Integrative Religious Education in Europe: A Study-of- Religions Approach. Religion, 40(1), 63–65. https://doi.org/10.1016/j.religion.2009.04.001 Juami, R., & Dewi, A. D. M. (2020). Konstruksi karakter jujur melalui integrasi pendidikan nilai dalam kegiatan relasi stakeholder di sma pgii i bandung. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 32(1), 1–12. https://doi.org/10.21009/parameter.321.01 Junaedi, N. S., Purwaningsih, S. S., & Suhendar, W. W. (2020). The study of discipline character of students descriptive study in politeknik negeri bandung. Jurnal Handayani: PGSD Unimed, 11(1), 9–14. Kemendikbud. (2016). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Tim PPK Kemendikbud. Kesuma, D., Triana, C., & Permana, J. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Remaja Rosdakarya. Khoiruzzadi, M., & Casmini. (2020). Background Organisasi Mahasiswa dalam Pembentukan Perilaku Sosial. Jurnal Mahasiswa BK AN-Nur, 6(3). Khramtsova, I. (2008). Character Strengths in College: Outcomes of a Positive Psychology Project. Journal of College and Character, 9(3). https://doi.org/10.2202/1940-1639.1117 Kilgo, C. A., Ezell Sheets, J. K., & Pascarella, E. T. (2015). The link between 255 high-impact practices and student learning: some longitudinal evidence. Higher Education, 69(4), 509–525. https://doi.org/10.1007/s10734-014- 9788-z Krisnawati, K., Yulaeha, S., & Budiastra, K. (2022). Pengaruh kompetensi pedagogik dan profesional guru terhadap motivasi belajar peserta didik sekolah dasar. In Jurnal Basicedu (Vol. 6, Issue 1, pp. 1116–1124). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2181 Kumalasari, D., Purwantara, S., Suranto, Hastasari, C., Tafana, P. D., & Azizah, D. S. (2020). Analisis akar masalah pada implementasi pendidikan karakter mahasiswa fis uny. Kurniawan, S. (2016). Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah Tinggi, dan Masyarakat. Ar-Ruzz Media. Kvale, S. (1996). InterViews: An Introduction to Qualitative Research Interviewing. In InterViews. An instriduction to qualitative research interviewing. Sage Publications, Inc. LeCompte, M. D., & Schensul, J. J. (2013). Analysis and Interpretation of Ethnographic Data (2nd ed.). AltaMira Press. Lestari, D., & Ain, S. Q. (2022). Peran budaya sekolah terhadap pembentukan karakter siswa kelas v sd. In MIMBAR PGSD Undiksha (Vol. 10, Issue 1, pp. 105–112). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45124 Lickona, D. (2007). CEP’s eleven principles of effective character. Lickona, T. (1974). A Cognitive-Developmental Approach to Interpersonal Attraction. In Foundations of Interpersonal Attraction. ACADEMIC PRESS, INC. https://doi.org/10.1016/b978-0-12-362950-0.50008-2 Lickona, T. (1991). Educating For Character; How Our School Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books. Lickona, T. (2001). What is Effective Character Education? Lickona, T. (2013). Mendidik untuk membentuk karakter: bagaimana sekolah dapat memberikan pendidikan tentang sikap hormat dan bertanggung jawab. Penerjemah Juma Abdu Wamaungo. Bumi Aksara. Lickona, T. (2014). Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Cetakan II. Terjemahan S. Lita. Nusa Media. Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Lincoln and Guba ’ s Evaluative Criteria. Naturalistic Inquiry, 1985, 3684. 256 Ma’rufi. (2010). Membangun Budaya Akademik Berdasarkan Nilai-Nilai Kebenaran Ilmiah dan Objektivitas. Edukasi Journal of Education and Humanities, 11(2). Mansir, F. (2017). Model Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi Islam ( Studi pada UMI dan UIN Alauddin Makassar ). Universitas Islam negeri Syarif Hidayatullah. Mantau, B. A. K. (2022). Konstruksi pendidikan madrasah dalam penguatan karakter bangsa. In Sekolah Pascasarjana UNY. Universitas Negeri Yogyakarta. Manu, T. S. N., & Meha, A. M. (2019). Integrasi pendidikan karakter melalui pendekatan kontekstual dalam mata kuliah profesi pendidikan terhadap IQ dengan mengendalikan EQ dan SQ mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 245–258. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p245-258 Marwiyah, S. (2019). Kompetensi profesionalisme guru dan peranannya dalam mengimplementasikan kurikulum. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(2), 51–66. Masruroh, A., & Mudzakkir, M. (2013). Praktik Budaya Akademik Mahasiswa. Paradigma, 1(2). Maulana, H. (2015). Konsep Pendidikan Karakter pada Mahasiswa di Yogyakarta. In Konferensi Nasional Ilmu Sosial & Teknologi (KNiST) Maret. Maulidar, & Selvia, L. E. (2020). Karakter Calon Guru pada Mahasiswa PGSD Universitas Serambi Mekkah. Jurnal Serambi Konstruktivis, 2(3), 171–176. Mawardi, & Indayani, S. (2020). Pengaruh budaya sekolah terhadap karakter siswa kelas 5 sd negeri 6 subulussalam kota subulussalam. JIHAFAS, 3(2), 14–29. Mendonça, S. E., Murray Dykhuis, E., & Jayawickreme, E. (2023). Examining the possibilities for volitional character change in compassion and intellectual humility through a three-month online intervention. Journal of Research in Personality, 104, 104373. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jrp.2023.104373 Mentari, A., Yanzi, H., & Putri, D. S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Jurnal Kultur Demokrasi, 10(1), 1–8. Miles, M. B., & Huberman, M. (1994). Qualitative Data Analysis: An expanded Sourcebook 2nd Edition. Mirascieva, S., Petrovski, V., & Gjorgjeva, E. P. (2011). Teaching in the religious 257 education in the Republic of Macedonia today. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 1404–1409. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.03.302 Mudana, I. G. A. M. G. (2019). Membangun Karakter Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21285 Muhammad, S. (2017). Pentingnya Pengembangan Budaya Organisasi Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Widya, 4(April), 192–203. Muhsinin. (2013). Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Islam untuk Membentuk Karakter Siswa yang Toleran. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 205–228. Muktamar, A. (2022). Kepemimpinan Dosen dalam Membangun Karakter Mahasiswa. Humantech, 2(2). Multazam, U. (2019). Kepemimpinan dan Budaya Akademik di Perguruan Tinggi. Ta’dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, VII(2). Mulyasa, E. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter (Edisi Revisi V). Bumi Aksara. Mulyatiningsih, E. (2010). Analisis model-model pendidikan karakter untuk usia anak-anak, remaja, dan dewasa. Ft Uny, 1(1), 1–18. Muslich, M. (2013). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional (Edisi Revisi III. Bumi Aksara. Muthoifin, & Jinan, M. (2015). Building Character of Ki Hadjar Dewantara: The Critical Study of Character Thoughts and Character in The View of Islam. Jurnal Studi Islam, 16(2), 167–180. Muzakkir, Hussin, Z., Razak, R. A., & Munir, A. (2022). The dataset for validation of factors affecting teachers’ decision to integrate character values into curriculum. Data in Brief, 43, 1–9. Neill, N. (2012). Promising Practices for Personal and Social Responsibility Findings from a National Research Collaborative Promising Practices for Personal and Social Responsibility. Association of American Colleges and Universities, 1–112. Nur Aisyah, & Suratno. (2019). The Cultivation of the religious values as character forming students. EDUTEC : Journal of Education And Technology, 3(1), 12–19. https://doi.org/10.29062/edu.v3i1.2 Nurafiati, S., & Herman. (2023). The Role of PJKR Lecturers in Strengthening 258 Character Education. RESPECS, 5(1). Nurdin. (2010). Pendidikan Karakter. 69–89. Nurhayya, F., & Tamela, E. (2021). Character Building Values in Student Teacher’s Lesson Plans: A Content Analysis. STAIRS ENglish Language Education Journal, 2(1). Nurjanah, S. (2016). Mengangkat nilai budaya sebagai pendidikan karakter yang bermutu untuk mahasiswa Indonesia. JDP, 9(3), 157–162. Nurpratiwi, H. (2021). Membangun karakter mahasiswa Indonesia melalui pendidikan moral. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(1), 29–43. Oaten, M., & Cheng, K. (2006). Improved self-control: The benefits of a regular program of academic study. Basic and Applied Social Psychology, 28(1), 1– 16. Pagarwati, L. D. A., & Rohman, A. (2020). Grandparenting membentuk karakter anak usia dini di masa pandemi covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1229–1239. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.831 Pane, M. M., & Patriana, R. (2016). The Significance of Environmental Contents in Character Education for Quality of Life. Procedia and Behavioral Sciences, 222, 244–252. Pertiwi, A. D., Septian, R. N., Ashifa, R., & Prihantini. (2021). Peran Organisasi Kemahasiswaan dalam Membangun Karakter: Urgensi Organisasi Kemahasiswaan pada Generasi Digital. Aulad: Journal of Early Childhood, 4(3). Pertiwi, P. I., & Dewi, A. D. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter WNI. Konstruksi Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 1(12), 398–403. https://journal.actual- insight.com/index.php/konstruksi-sosial/article/view/275/1061 Piaget, J. (1965). The Moral Judgment of the Child. The Free Press. Pianda, D. (2018). Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. CV Jejak. Prabandari, A. S. (2020). Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 68–71. https://doi.org/10.32585/jdb.v2i1.182 Pratiwi, D. O., Askafi, E., & Baehaki, I. (2020). Pengaruh kepuasan kerja dan budaya organisasi terhadap kinerja guru sekolah dasar plus rahmat kediri. 259 Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 124–131. https://doi.org/10.32534/jv.v15i2.1251 Purwanti. (2012). Implementasi pengembangan karakter dalam pembelajaran di LPTK. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 3(2), 120–131. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/JPSH/article/view/2240/2200 Purwanti, P. (2013). Guru dan kompetensi kepribadian. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 1074–1088. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.2066 Putri, F. O., & Aslam. (2022). Kompetensi kepribadian guru dalam menyiapkan pembelajaran jarak jauh ditinjau dari pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1133–1140. Rahmat, & Tanshzil, S. W. (2017). Model pembinaan pendidikan karakter mahasiswa di perguruan tinggi. CIVICUS, 21(1), 1–17. Ramandita, R., Hakim, A. L., Anshory, I. F., & ... (2022). Penguatan Karakter Anti Korupsi pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi Berbasis Keislaman. Jurnal ..., 6(3), 6341–6350. http://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/3124%0Ahttps://journal.u py.ac.id/index.php/pkn/article/download/3124/2550 Ramlan, R., & Hermawan, V. (2017). Kesiapan guru sekolah dasar dalam pelaksanaan pembelajaran matematika yang berbasis pendidikan karakter di kota karawang jawa barat. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(1), 67–77. https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i1.394 Ridhwan, M., Yudhyarta, D. Y., & Yurisa, A. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Mata Kuliah Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(2), 198–211. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.82 Risda, D., & Nanggala, A. (2023). Analisis visi dan konsep pendidikan karakter di persekolahan dan di perguruan tinggi dalam membentuk karakter unggul generasi muda. Jurnal Civic Hukum, 8(1), 78–96. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jurnalcivichukum/article/view/23766/1 2383 Rohani, Elfayetti, Pinem, M., & Sitompul, M. (2013). Interaksi edukatif Dosen dengan Mahasiswa dalam Pembangunan Karakter di Fakultas Ilmu Sosial– UNIMED. JUPISS , 5(1), 103–115. Rokhman, F., Hum, M., Syaifudin, A., & Yuliati. (2014). Character Education for Golden Generation 2045 (National Character Building for Indonesian Golden Years). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 1161–1165. 260 https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.197 Rosni, R. (2021). Kompetensi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 113. https://doi.org/10.29210/1202121176 Rukiyati. (2019). Tujuan Pendidikan Nasional dalam Perspektif Pancasila. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(1), 56–69. Rustang, A. N., Shabir U, M., Halimah, A., & Usman. (2021). Kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru pendidikan dasar dalam pandangan al-ghazali. Jurnal Ilmiah Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 111–121. Safitri, S., & Ramadan, Z. H. (2022). Implementasi literasi budaya dan kewargaan di sekolah dasar. Mimbar Ilmu, 27(1), 109–116. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45034 Saliman, Widiastuti, A., & Wulandari, T. (2013). Persepsi dan Sikap Mahasiswa Terhadap Pendidikan Karakter di Prodi Pendidikan IPS UNY. SOCIA-Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 10(2), 139–146. Salirawati, D. (2021). Identifikasi problematika evaluasi pendidikan karakter di sekolah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(1), 17–27. https://doi.org/10.24246/juses.v4i1p17-27 Samani, M., & Hariyanto. (2017). Konsep Dan Model Pendidikan Karakter (Edisi Revisi VI). Remaja Rosdakarya. Sarmini, & Prasetya, K. (2016). Model Pendidikan Karakter untuk Membangun Integritas Civitas Akademika Universitas Negeri Surabaya. Unesa University Press. Schensul, J. J., & LeCompte, M. D. (2013). Essential Ethnographic Methods: A Mixed Methods Approach (6th ed.). AltaMira Press. Schmeichel, B. J., & Zell, A. (2007). Trait self-control predicts performance on behavioral tests of self-control. Journal of Personality, 75(4), 743–756. https://doi.org/10.1111/j.1467-6494.2007.00455.x Schwartz, A. (2000). It’s Not to Late to Teach College Student about Values. The Chronicle of Higher Education, 46(40), A68. Seligman, M., & Csikszentmihalyi, M. (2000). Positive Psychology: An Introduction. American Psychological Association, 55(1), 5–14. Setiyaningsih, D. (2020). Peran Etika dan Profesi Kependidikan dalam Membangun Nilai-Nilai Karakter Mahasiswa Calon Guru SD. Holistika Jurnal Ilmiah PGSD, IV(1). 261 Siagian, C. E. M. (2020). The Implementation of Character Education in Preparing The Students to Face Industrial Revolution 4.0- A Research of English for ENgineering in Darma Agung University. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 5(1). Simarmata, H. D. (2018). Pendidikan karakter melalui metode refleksi. Jurnal Pendidikan Penabur, I(31), 43–53. Siswoyo, D. (2013). Urgency of the National Education Philosophy in Rebuilding the National Identity. 104–111. https://eprints.uny.ac.id/24999/1/D-12.pdf Sitinjak, I. Y., Gultom, S., Hermes, C. D., & Purba, M. S. M. (2022). Implementasi pendidikan karakter mahasiswa di lingkungan universitas dan di masyarakat (lokasi PkM Parapat). 3(3), 1804–1808. Soetanto, H., Aulanni’am, Guritno, B., & Suharto, B. (2013). Model Pendidikan Karakter: Menuju Entrepeneural University di Universitas Brawijaya. Universitas Brawijaya Press. Spradley, J. P. (1980). Participant observation. Harcourt Brace Jovanovich College. Spradley, J. P. (2016). The Ethnographic Interview. Waveland Press, Inc. https://doi.org/10.4135/9781483381411.n168 Stahl, N. A., & King, J. R. (2020). Expanding Approaches for Research: Understanding and Using Trustworthiness in Qualitative Research. Journal of Developmental Education, 44(1), 26–28. https://doi.org/10.4135/9781483329574 Suparlan, H. (2016a). Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dan Sumbangannya. Jurnal Filsafat, 25(1), 56. Suparlan, H. (2016b). Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dan Sumbangannya Bagi Pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat, 25(1), 56. https://doi.org/10.22146/jf.12614 Suprihatiningrum, J. (2014). Guru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi, dan Kompetensi Guru. Ar-Ruzz Media. Supriyono. (2014). Membangun Karakter Mahasiswa Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Resolusi Konflik. Edutech, 1(3), 325–342. Suri, D., Saryantono, B., Ristika, Prasella, C. F., & Handayani, P. (2022). Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter Guru di SD Baitul Jannah Bandar Lampung. Adiguna: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 7(1). 262 Susanti. (2020). Peran Organisasi Kemahasiswaan dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa. AL-Munawwarah, 12(2). Susanti, R. (2013). Penerapan Pendidikan Karakter di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Al-Ta’lim, 1(6), 480–487. Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Peran kompetensi guru sekolah dasar dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran daring. In Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan (Vol. 9, Issue 2, pp. 58–64). Sutono, A. (2015). Meneguhkan Pancasila Sebagai Filsafat Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmiah CIVIS, V(No.1), 666–678. http://journal.upgris.ac.id/index.php/civis/article/view/628/578 Sutoyo. (2021). Penguatan Karakter Mahasiswa melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila. Jurnal Global Citizen, 2, 109–115. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/glbctz/article/view/....http://ejurnal.unisri. ac.id/index.php/glbctz/article/view/.... Thamrin. (2012). Karakter Budaya Akademik dan Hubungannya dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Mediasi, 4(1). Valtonen, T., Hoang, N., Sointu, E., Näykki, P., Virtanen, A., Pöysä-Tarhonen, J., Häkkinen, P., Järvelä, S., Mäkitalo, K., & Kukkonen, J. (2021). How pre- service teachers perceive their 21st-century skills and dispositions: A longitudinal perspective. Computers in Human Behavior, 116. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106643 Verdianingsih, E., & Firmansyah, K. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika pada Program Studi Pendidikan Matematika di Universitas KH . A . Wahab Hasbullah : Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Multidisiplin, 110–119. Wahyuddin, W., & Ismayanti, M. (2020). Persepsi Guru Mengenai Guru Ideal. Jurnal Nalar Pendidikan, 8(2), 104. https://doi.org/10.26858/jnp.v8i2.15258 Wahyuni, A., & Nucifera, P. (2021). Survei Pembentukan Karakter Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. BIODIK, 7(4), 107–114. https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.14659 Walid, M. (2011). Model pendidikan karakter di perguruan tinggi agama islam (studi tentang pendidikan karakter berbasis ulul albab di universitas islam negeri maulana malik ibrahim malang). El-QUDWAH, 1(5), 115–156. Warsito, E. (2020). Konstruksi pendidikan karakter bagi mahasiswa (studi kasus di pondok pesantren mahasiswa khoirul huda surabaya). Wartoyo, W., & Trisiana, A. (2022). Pemberdayaan perguruan tinggi dalam 263 rangka implementasi merdeka belajar, kampus merdeka sebagai evaluasi pendidikan karakter dimasa pandemI (PKM Pada Perguruan Tinggi Kota Surakarta Jawa Tengah). Abdimas Unwahas, 7(1), 72–76. https://doi.org/10.31942/abd.v7i1.6570 Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter, Strategi Membangun Bangsa Berperadaban. Yogyakarta. Wibowo, A. (2013). Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi (Membangun Karakter Ideal Mahasiswa di Perguruan Tinggi). Pustaka Pelajar. Widiatmaka, P., & Purwoko, A. A. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Untuk Membangun Karakter Toleransi Di Perguruan Tinggi. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai Dan ..., 5(1). https://waskita.ub.ac.id/index.php/waskita/article/view/145%0Ahttps://waskit a.ub.ac.id/index.php/waskita/article/download/145/137 Wilig, C. (2013). Introducing qualitative research in psychology (3rd ed.). Open University Press. Willar, D., Linton, J., & Kaparang, R. (2015). Identifikasi Profil Budaya Organisasi Yang Mendukung Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 192–202. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4824 Winarni, S. (2013). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Perkuliahan. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(1), 95–107. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1291 Winter, G. (2000). A Comparative Discussion of the Notion of “Validity” in Qualitative and Quantitative Research. The Qualitative Report, 4(3), 1–14. https://doi.org/10.46743/2160-3715/2000.2078 Wita, S., & Ummami, W. (2021). Peran Bahan Ajar Berbasis Karakter pada Pembelajaran Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup di Tingkat Perguruan Tinggi. In Jurnal Basicedu (Vol. 5, Issue 5, pp. 3755–3764). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1262 Yaumi, M. (2016). Pendidikan Karakter Landasan, Pilar, dan Implementasi. Kharisma Putra Utama. Yin, R. K. (2015). Qualitative research from start to finish (Issue 1). The Guilford Press. Yosi, A., Kurniaman, O., & Syahrilfuddin. (2020). Analisis kompetensi kepribadian guru sekolah dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 101–106. Yusuf, A., Suminar, T., & Kisworo, B. (2019). Karakter Kewirausahaan 264 Mahasiswa. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2), 139–147. https://doi.org/10.15294/pls.v2i1.23448 Zuchdi, D., Kuntoro, S. A., Kunprasetya, Z., & Marzuki. (2010). Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Komprehensif: Terintegrasi dalam Perkuliahan dan Pengembangan Kultur Universitas. UNY Press. Zuriah, N., & Sunaryo, Ha. (2020). Konstruksi Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi (1st ed., Vol. 1). BILDUNG. Zuriatin, Nurhasanah, & Nurlaila. (2021). Pandangan Dan Perjuangan Ki Hadjar Dewantara Dalam Memajukan Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan Ips, 11(1), 48–56. https://doi.org/10.37630/jpi.v11i1.442 citation: Tisngati, Urip and Dardiri, Achmad (2023) Pola Pendidikan Karakter bagi Calon Guru Sekolah Dasar. S3 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/81294/1/disertasi-urip%20tisngati-16703261064.pdf