@phdthesis{UNY81269, school = {Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan}, year = {2024}, month = {February}, title = {Tingkat Kemampuan Motorik Peserta Didik Kelas V Tahun Ajaran 2023/2024 di SD Negeri Karanganyar 3 Kecamatan Sambungmacan Kabupaten Sragen}, author = {Vyona Valencia}, note = {Dosen Pembimbing: Nur Sita Utami, M.Or.}, keywords = {kemampuan motorik, peserta didik Kelas V, Sekolah Dasar Negeri Karanganyar 3 Sragen}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan motorik peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Karanganyar 3 Sragen tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan instrumen penelitian menggunakan tes motor ability dari Nurhasan (2007,p.135). Instrumen tes mengacu pada tes motor ability untuk sekolah dasar yang meliputi tes lari cepat 30 meter (kecepatan), tes shuttle-run 4 x 10 meter (kelincahan), tes lempar tangkap bola jarak 1 meter (koordinasi), dan tes stork stand positional balance (keseimbangan), dengan validitas sebesar 0,93 dan reliabilitas sebesar 0,87. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Karanganyar 3 Sragen dengan jumlah 32 peserta didik (22 Peserta Didik Putra dan 10 Peserta Didik Putri). Hasil data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif lalu dituangkan ke dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka disimpulkan bahwa tingkat kemampuan motorik kelas V di Sekolah Dasar Negeri Karanganyar 3 Sragen berada pada kategori ?kurang? dengan persentase dalam kategori sangat baik terdapat 2 peserta didik atau 9,1\%, pada kategori baik sebanyak 5 peserta didik atau 22,7\%, pada kategori cukup sebanyak 6 peserta didik atau 27,3\%, pada kategori kurang sebanyak 7 peserta didik atau 31,8\%, pada kategori sangat kurang sebanyak 2 peserta didik atau 9,1\%. Tingkat kemampuan peserta didik putri kelas V di SD Negeri Karanganyar 3 Sragen berada pada kategori ?cukup? dengan persentase dalam kategori sangat baik sebanyak 1 peserta didik atau 10\%, pada kategori baik 1 peserta didik atau 10\%, pada kategori cukup 5 peserta didik atau 50\%, pada kategori kurang 2 peserta didik atau 20\%, sedangkan pada kategori sangat kurang 1 peserta didik atau 10\%.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/81269/} }