eprintid: 81258 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/08/12/58 datestamp: 2024-03-05 07:54:31 lastmod: 2024-03-05 07:54:31 status_changed: 2024-03-05 07:54:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hananti Putri, Septiana title: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENGEMBANGAN DIRI DI SD N RANDUSARI KOTAGEDE YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui pengembangan diri di SD N Randusari Kotagede. Aspek yang diteliti meliputi kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu SD N Randusari Kotagede dengan narasumber kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Pengumpulan data diambil melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan pendidikan karakter melalui pengembangan diri diwujudkan melalui kegiatan berikut: (1) Kegiatan rutin meliputi merayakan hari besar keagamaan, melaksanakan ibadah, mengikuti kegiatan hari besar keagamaan, upacara rutin hari Senin dan hari-hari besar, melakukan musyawarah, literasi membaca, menjaga kebersihan, dan membiasakan perilaku jujur di sekolah. (2) Kegiatan spontan meliputi melaksanakan ibadah, memberikan sanksi bagi pelanggar tata tertib, mengerjakan tugas tanpa disuruh, membantu teman yang kesulitan, dan menyelesaikan tugas. (3) Keteladanan meliputi menciptakan suasana kelas dan sekolah yang aman dan damai, menjunjung sikap anti kekerasan, menumbuhkan sikap persahabatan dan kasih sayang, menghargai sesama, menjaga lingkungan agar tetap bersih dan nyaman, menggunakan produk dalam negeri, menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, menaati tata tertib yang dibuat oleh sekolah, membuang sampah pada tempatnya, mengikuti kegiatan yang diadakan di sekolah, dan mempertanggungjawabkan kesalahan yang diperbuat. (4) Pengkondisian diantaranya menyediakan fasilitas untuk beribadah, fasilitas untuk belajar mata pelajaran agama, tempat cuci tangan dan kamar mandi yang bersih, menyediakan alat kebersihan, menyediakan saluran pembuangan yang baik, menyedikan tata tertib sekolah beserta sanksi, menyediakan poster/slogan, dan tempat untuk menunjang rasa ingin tahu. Kata kunci: Pendidikan karakter, pengembangan diri. date: 2024-03-05 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Hananti Putri, Septiana (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENGEMBANGAN DIRI DI SD N RANDUSARI KOTAGEDE YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/81258/1/Naskah%20Septiana%20Hananti%20Putri_16108241021.pdf