%0 Thesis %9 S1 %A Dian, Purwita Sari %A Suharyanto, M.Pd., %A Pujianto, M. Pd., %A Maryati, M. Pd. M. Si, %A Sabar Nurohman, M. Pd , %B FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM %D 2012 %F UNY:8124 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %K Pengembangan, Media Pembelajaran, Berbasis Komputer, IPA Terpadu, Hujan Asam. %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERBASIS KOMPUTER UNTUK SISWA SMP KELAS VII DENGAN TEMA “HUJAN ASAM” %U http://eprints.uny.ac.id/8124/ %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran IPA terpadu berbasis komputer untuk siswa SMP kelas VII dengan tema “Hujan Asam”, mengetahui kualitas hasil pengembangan media pembelajaran IPA terpadu berbasis komputer, serta mengetahui respon siswa terhadap proses pembelajaran IPA menggunakan media pembelajaran IPA terpadu berbasis komputer. Kualitas media pembelajaran IPA terpadu dinilai berdasarkan lima aspek diantaranya aspek tampilan, aspek program, aspek pembelajaran, aspek materi dan aspek penyajian materi. Respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran IPA terpadu berbasis komputer dalam proses pembelajaran IPA diketahui dari angket siswa berdasarkan kebermaknaan media, daya tarik dan motivasi. Media pembelajaran IPA terpadu berbasis komputer untuk siswa SMP kelas VII dengan tema “Hujan Asam” dikembangkan menggunakan metode Research and Development (R & D) dengan pendekatan model Four D (define, design, develop, disseminate), namun pada penelitian ini pelaksanaannya hanya sampai pada tahap develop. Penilaian media pembelajaran melibatkan penilaian dari dosen ahli media, dosen ahli materi, guru IPA, serta siswa kelas VII di SMP N 3 Depok dan SMP N 2 Kalasan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dengan skala likert yang dilengkapi dengan rubrik penilaian sebagai panduan penilaian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui kualitas media pembelajaran. Hasil penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran IPA terpadu berbasis komputer untuk siswa SMP kelas VII dengan tema “Hujan Asam” yang dikemas dalam bentuk CD. Hasil penilaian media pembelajaran oleh dosen ahli media tergolong baik dengan rata-rata penilaian media sebesar 4,13, oleh dosen ahli materi tergolong sangat baik dengan rata-rata penilaian media sebesar 4,30, oleh guru IPA tergolong baik dengan rata-rata penilaian media sebesar 4,20 dan oleh siswa tergolong sangat baik dengan rata-rata penilaian media sebesar 3,42. Hasil penilaian respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran IPA tergolong sangat baik dengan rata- rata penilaian sebesar 3,5 dan tergolong sangat baik. Dari hasil tersebut mengindikasikan bahwa media pembelajaran tersebut layak dan dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran IPA secara terpadu. Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Berbasis Komputer, IPA Terpadu, Hujan Asam.