relation: http://eprints.uny.ac.id/81214/ title: PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN KARTU KUARTET TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BERBAH 2 creator: Prasetyo, Widya Bagus subject: Media Pendidikan subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis permainan kartu kuartet terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam dan sosial pada siswa kelas V SD Negeri Berbah 2. Penelitian ini merupakan Penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri Berbah 2 yang berjumlah 60 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah melalui lembar observasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan deskriptif. Berdasarkan hasil pengamatan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dan perbedaan pengaruh yang signifikan antara penggunaan media kartu kuartet dibandingkan dengan media power point terhadap hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar. Hasil uji-t yang digunakan, yaitu paired t-test dengan hasil 0,000 < 0,05 terdapat pengaruh signifikan pada hasil belajar siswa saat menggunakan media kartu kuartet. Hasil perhitungan perbedaan pengaruh dilakukan dengan uji-t independen. Nilai pretest, Sig.(2-tailed) sebesar 0,756 > 0,05, dimana tidak terdapat perbedaan pengaruh media kartu kuartet dengan power point. Sedangkan pada nilai posttest diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, dimana terdapat perbedaan pengaruh media kartu kuartet dengan power point terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Kata kunci: Kartu kuartet, hasil belajar, IPAS date: 2024-03-04 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/81214/1/Widya%20Bagus%20Prasetyo_19108244013_Tugas%20Akhir%20Skripsi.pdf identifier: Prasetyo, Widya Bagus (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN KARTU KUARTET TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BERBAH 2. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.