TY - THES N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh partisipasi siswa yang kurang aktif, media yang belum tersedia di sekolah, dan pembelajaran yang monoton. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk akhir berupa media permainan treasure hunt yang layak digunakan untuk pembelajaran IPS pada materi interaksi manusia dan lingkungan siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D Thiagarajan. Terdapat empat tahap pengembangan yang terdapat dalam model pengembangan 4D yaitu tahap analisis kebutuhan awal (define), tahap perancangan media (design), tahap pengembangan berdasarkan saran ahli dan uji coba (develop) dan tahap diseminasi atau publikasi (disseminate). Subyek pnelitian ini adalah siswa kelas VC SD Jejeran. Sumber data diperoleh melalui wawancara tidak terstruktur dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif dengan perhitungan skor pada angket. Hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan berupa media permainan treasure hunt untuk siswa kelas VC SD. Hasil validasi materi memperoleh skor rata-rata 4,57 dengan kategori sangat baik dan validasi media memperoleh skor 4,35 dengan kategori sangat baik.hasil peroleha skor pada uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata-rata 4,5 dengan kategori sangat baik, sedangkan pada uji coba kelompok besar memperoleh skor rata-rata 4,35 dengan kategori sangat baik. Terakhir respon dari guru memperoleh skor 4,875 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media permainan treasure hunt layak digunakan untuk pembelajaran IPS di kelas V SD. Kata kunci: pengembangan media, treasure hunt, 4D Thiagarajan M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/81211/ ID - UNY81211 Y1 - 2024/03/04/ TI - PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TREASURE HUNT DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN DI KELAS V C SD JEJERAN PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi A1 - Arifah, Luluk AV - restricted ER -