%D 2012 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %T PENYUSUNAN E-MODULE PEMBELAJARAN IPA TERPADU TEMA “MIKROSKOP CAHAYA SEBAGAI ALAT UNTUK MEMPELAJARI ORGANISASI KEHIDUPAN” DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK PESERTA DIDIK SMP KELAS VII %A Kholifatun Candra %X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan e-module pembelajaran IPA Terpadu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-module pembelajaran IPA Terpadu tema “Mikroskop Cahaya Sebagai Alat untuk Mempelajari Organisasi Kehidupan” yang dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk peserta didik SMP kelas VII semester II, dan menentukan kualitas e-module pembelajaran IPA Terpadu berdasarkan penilaian guru IPA SMP. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Produk awal e-module pembelajaran IPA Terpadu ditinjau dan diberi masukan oleh ahli media, ahli materi dan peer reviewer. Kualitas e-module pembelajaran IPA Terpadu ini dinilai oleh 5 orang guru IPA SMP dengan mengisi angket penilaian yang berisi 7 aspek penilaian dan 35 indikator penilaian . Hasil penilaian berupa data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif. Selanjutnya data kuantitatif ditabulasi dan dianalisis dengan menggu nakan standar k riteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas e -module pembelajaran IPA Terpadu. Produk penelitian ini berupa e-module pembelajaran IPA Terpadu tema “Mikroskop Cahaya Sebagai Alat untuk Mempelajari Organisasi Kehidupan” untuk peserta didik SMP kelas VII Semester II. Berdasarkan penilaian lima guru IPA SMP, e-module pembelajaran IPA Terpadu ini mempunyai kualitas baik (B) dengan skor rata -rata 14 1,2 dan persentase keidealan 80,69%. Dengan demikian, e-module pembelajaran IPA Terpadu tema “Mikroskop Cahaya Sebagai Alat untuk Mempelajari Organisasi Kehidupan” dapat digunakan sebagai media pembelajaran IPA Terpadu dan sumber belajar mandiri peserta didik SMP kelas VII Semester II. %L UNY8117