TY - JOUR EP - 8 PB - Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY A1 - Maria, Ulpah A1 - Yaya, S. Kusumah Y1 - 2012/11/10/ N2 - Kemampuan bernalar diperlukan setiap orang dalam menghadapi era globalisasi yang sarat dengan tantangan, termasuk bernalar statistis. Pengembangan kemampuan penalaran statistis dapat dilakukan dalam pembelajaran di berbagai jenjang pendidikan, mengingat materi statistika di Indonesia sudah diberikan mulai SD/MI sampai SMA/MA, juga perguruan tinggi, dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang berparadigma student-centered learning seperti pendekatan kontekstual. Tulisan ini akan membahas hasil penelitian yang penulis lakukan mengenai meningkatkan kemampuan penalaran statistis siswa madrasah aliyah melalui pendekatan kontekstual di Kabupaten Banyumas. Kata Kunci: Penalaran statistis, pembelajaran kontekstual. SN - 978-979-16353-8-7 KW - Penalaran statistis KW - pembelajaran kontekstual ID - UNY8115 JF - Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa UR - http://www.uny.ac.id AV - public TI - MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN STATISTIS SISWA MADRASAH ALIYAH MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SP - 1 ER -