TY - THES ID - UNY81107 PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Y1 - 2024/02/29/ UR - http://eprints.uny.ac.id/81107/ M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PERCAYA DIRI DI SD PERCOBAAN 4 WATES KULON PROGO A1 - Mafaza, Diva AV - restricted N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi karakter percaya diri di SD Negeri Percobaan 4 Wates Kulon Progo serta faktor pendukung maupun penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas IIB dan VB, guru ekstrakurikuler karate dan tari, serta peserta didik kelas IIB dan VB. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Maret - April 2023. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles Huberman, dan Saldana (2014) yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini yakni uji kredibilitas menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter percaya diri dilaksanakan melalui: 1) Pengintegrasian dalam proses pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi; (2) Kegiatan rutin berupa upacara setiap hari Senin, baris- berbaris sebelum memasuki kelas, dan tepuk Penguatan Pelaksanaan Karakter ( PPK); (3) Kegiatan spontan dilakukan dengan lisan dan non lisan; (4) Keteladanan dilakukan melalui guru dan antar peserta didik; (5) Ekstrakurikuler dilakukan dalam perencanaan maupun pelaksanaannya. Selanjutnya faktor pendukung dan penghambat pada pelaksanaan yaitu dipengaruhi faktor pendidik, peserta didik, dan lingkungan sekolah. Kata kunci : Karakter Percaya Diri, Implementasi, SD Negeri Percobaan 4 Wates ER -