TY - THES Y1 - 2024/02/28/ ID - UNY81098 PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK PEMBELAJARAN PPKN PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR A1 - Nikmah, Naila Fauziatun AV - restricted N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa kartu kata bergambar yang layak dan praktis digunakan untuk pembelajaran PPKn di kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan model Borg and Gall. Tahapan yang dilakukan peneliti yakni penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi uji coba lapangan awal, dan revisi uji coba lapangan utama. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di 5 sekolah di Gugus 03 wilayah Kapanewon Patuk Gunungkidul yaitu SDN Panjatan, SDN Patuk 1, SDN Patuk 2, SDN Sokasari dan SDN Nglanggeran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara angket, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil dari pengembangan media pembelajaran kartu kata bergambar dinyatakan layak dan praktis untuk pembelajaran PPKn kelas V Sekolah Dasar. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi media memperoleh rata-rata skor 4,95 kategori sangat baik dan validasi materi memperoleh rata-rata skor 4,83 dalam ketegori sangat baik. Hasil perolehan skor pada uji coba lapangan 4,85 dari guru dengan kategori sangat baik dan memperoleh 4,87 dari siswa dengan kategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kartu kata bergambar keragaman sosial budaya masyarakat layak dan praktis sebagai media pembelajaran untuk kelas V sekolah dasar. Kata Kunci: pengembangan media, PPKn, siswa kelas V sekolah dasar M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/81098/ ER -