%0 Thesis
%9 S1
%A Amalia, Nurul
%B PGSD
%D 2024
%F UNY:81088
%I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
%T PENGGUNAAN APLIKASI TIK TOK SEBAGAI MEDIA  BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI 2  KRAGUMAN
%U http://eprints.uny.ac.id/81088/
%X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan aplikasi tik  tok sebagai media belajar pada siswa sekolah dasar di SD Negeri 2 Kraguman.  Aplikasi tik tok merupakan salah satu platform media sosial berbasis video.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif desain studi kasus.  Penentuan subjek penelitian secara purposive. Subjek dalam penelitian ini  penelitian adalah siswa yang aktif menggunakan aplikasi tik tok, guru dan orang  tua siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah  kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian  diuji keabsahannya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi tik tok dapat digunakan  sebagai media belajar bagi siswa sekolah dasar. Namun, penggunaan aplikasi tik  tok pada siswa sekolah dasar lebih banyak digunakan sebagai media hiburan  untuk mengisi waktu luang. Penggunaan aplikasi tik tok sebagai media belajar  dilakukan siswa di rumah karena di sekolah tidak ada ketentuan untuk  menggunakan aplikasi tik tok sebagai media belajar. Kebanyakan siswa  mengakses konten video belajar pada mata pelajaran matematika. Siswa  menggunakan aplikasi tik tok sebagai media belajar ketika siswa menemukan  materi pelajaran yang sulit dan ketika siswa akan menghadapi ujian. Konten  video belajar yang dimuat dalam aplikasi tik tok dapat membantu siswa untuk  memahami materi pelajaran dan menjadi sumber referensi belajar untuk  mendukung sumber belajar utama. Konten hiburan yang dimuat dalam aplikasi  tik tok cenderung membahayakan karena memuat kosakata dan gaya bahasa  yang kurang cocok untuk siswa sekolah dasar.  Kata kunci: aplikasi tik tok, media belajar, sekolah dasar