eprintid: 81087 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/08/10/87 datestamp: 2024-02-28 04:20:35 lastmod: 2024-02-28 04:20:35 status_changed: 2024-02-28 04:20:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Gibra Nantika, Berliana Vita title: PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SELOMULYO NGAGLIK SLEMAN ispublished: pub subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode role playing pada siswa kelas V SD Negeri Selomulyo. Keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Selomulyo masih termasuk rendah sehingga perlu ditingkatkan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaborasi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Selomulyo Ngaglik Sleman yang berjumlah 24 siswa. Desain penelitian tindakan ini menggunakan model siklus Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi dengan instrumen berupa lembar observasi dan lembar penilaian keterampilan berbicara atau rubik penilaian. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Kriteria keberhasilan tindakan yang ditentukan adalah 75% dari jumlah siswa mendapatkan nilai KKM ≥ 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berbicara dari keadaan awal (diagnostic assessment), siklus I, dan siklus II. Tahap diagnostic assessment menunjukkan keterampilan berbicara siswa masih tergolong dalam kategori kurang sekali dengan jumlah siswa tuntas 11 siswa (41,67%). Pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas yaitu 16 siswa (66,67%). Sedangkan, pada siklus II, dengan adanya perbaikan dari siklus I yaitu guru menjelaskan kembali aspek-aspek keterampilan berbicara, guru memberikan naskah sebelum pembelajaran agar siswa lebih menguasai materinya serta ketika diskusi dan evaluasi siswa diberikan lembar kerja. Dengan adanya perbaikan dari siklus I jumlah siswa tuntas mengalami peningkatan menjadi 23 siswa (95,83%). Keterampilan berbicara pada siklus II telah memenuhi kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan oleh peneliti yaitu 75% dari jumlah siswa mendapatkan nilai KKM ≥ 75. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbicara dapat ditingkatkan menggunakan metode role playing pada siswa kelas V SD Negeri Selomulyo Ngaglik Sleman. Kata kunci: keterampilan berbicara, metode role playing, siswa kelas V date: 2024-02-28 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Gibra Nantika, Berliana Vita (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SELOMULYO NGAGLIK SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/81087/1/ARTIKEL%20FIX_Berliana%20Vita%20Gibra%20Nantika_19108244038.pdf