<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN\r\n(ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SELOMULYO NGAGLIK SLEMAN"^^ . "Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode role playing pada\r\nsiswa kelas V SD Negeri Selomulyo. Keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Selomulyo masih termasuk\r\nrendah sehingga perlu ditingkatkan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaborasi. Subjek dari\r\npenelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Selomulyo Ngaglik Sleman yang berjumlah 24 siswa. Desain\r\npenelitian tindakan ini menggunakan model siklus Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan\r\ndan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi\r\ndengan instrumen berupa lembar observasi dan lembar penilaian keterampilan berbicara atau rubik penilaian.\r\nAnalisis data dilakukan menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Kriteria keberhasilan tindakan yang\r\nditentukan adalah 75% dari jumlah siswa mendapatkan nilai KKM ≥ 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi\r\npeningkatan keterampilan berbicara dari keadaan awal (diagnostic assessment), siklus I, dan siklus II. Tahap\r\ndiagnostic assessment menunjukkan keterampilan berbicara siswa masih tergolong dalam kategori kurang sekali\r\ndengan jumlah siswa tuntas 11 siswa (41,67%). Pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas yaitu 16 siswa (66,67%).\r\nSedangkan, pada siklus II, dengan adanya perbaikan dari siklus I yaitu guru menjelaskan kembali aspek-aspek\r\nketerampilan berbicara, guru memberikan naskah sebelum pembelajaran agar siswa lebih menguasai materinya serta\r\nketika diskusi dan evaluasi siswa diberikan lembar kerja. Dengan adanya perbaikan dari siklus I jumlah siswa tuntas\r\nmengalami peningkatan menjadi 23 siswa (95,83%). Keterampilan berbicara pada siklus II telah memenuhi kriteria\r\nkeberhasilan yang telah ditetapkan oleh peneliti yaitu 75% dari jumlah siswa mendapatkan nilai KKM ≥ 75.\r\nBerdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbicara dapat ditingkatkan menggunakan\r\nmetode role playing pada siswa kelas V SD Negeri Selomulyo Ngaglik Sleman.\r\nKata kunci: keterampilan berbicara, metode role playing, siswa kelas V"^^ . "2024-02-28" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . . . . . . . "Berliana Vita"^^ . "Gibra Nantika"^^ . "Berliana Vita Gibra Nantika"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN\r\n(ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SELOMULYO NGAGLIK SLEMAN (Text)"^^ . . . "PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN\r\n(ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SELOMULYO NGAGLIK SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN\r\n(ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SELOMULYO NGAGLIK SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN\r\n(ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SELOMULYO NGAGLIK SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN\r\n(ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SELOMULYO NGAGLIK SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN\r\n(ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SELOMULYO NGAGLIK SLEMAN (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #81087 \n\nPENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN \n(ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SELOMULYO NGAGLIK SLEMAN\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . .