eprintid: 81084
rev_number: 10
eprint_status: archive
userid: 1233
dir: disk0/00/08/10/84
datestamp: 2024-02-28 03:58:56
lastmod: 2024-02-28 03:58:56
status_changed: 2024-02-28 03:58:56
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Aprilianto, Doni
title: PENGEMBANGAN MEDIA PANJURA (PAPAN PENJUMLAHAN
PENGURANGAN) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP
PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI KELAS II SEKOLAH
DASAR NEGERI 2 CANAN
ispublished: pub
subjects: F4
subjects: pssd_pgsd
divisions: fip_pgsd
full_text_status: restricted
abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
bernama PANJURA (Papan Penjumlahan Pengurangan) yang layak, praktis dan
efektif digunakan pada pembelajaran matematika materi penjumlahan dan
pengurangan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas II sekolah dasar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di kelas II SD Negeri 2
Canan yaitu kurangnya pemahaman siswa mengenai materi operasi hitung
penjumlahan dan pengurangan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and
Development (R&D). Adapun model pengembangan dalam penelitian ini mengacu
pada model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe
Branch pada tahun 2009. Model Pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan
yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Penelitian
dilakukan di SD Negeri 2 Canan, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten. Subjek
implementasi pertama adalah 3 siswa dan subjek implementasi kedua adalah 12
siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket validasi
media, angket validasi materi, angket respon guru dan angket respon siswa. Data
hasil penelitian tersebut dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa media PANJURA dinyatakan layak,
praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas II sekolah dasar.
Hasil validasi materi mendapatkan skor rata-rata 4,86 dengan kategori “Sangat
Layak”. Hasil validasi media mendapatkan skor rata-rata 4,7 dengan kategori
“Sangat Layak”. Hasil uji kepraktisan pada 3 siswa mendapatkan skor rata-rata 4,88
dengan kategori “Sangat Praktis”. Hasil uji kepraktisan pada guru mendapatkan
skor rata-rata 5 dengan kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil perhitungan
pre-test dan post-test menunjukan bahwa media PANJURA memiliki skor 0,75
masuk dalam kategori “Tinggi” dan skor 75% masuk dalam kategori “Efektif”.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran PANJURA termasuk
dalam media yang memiliki tingkat efektifitas tinggi dan dapat meningkatkan
pemahaman kemampuan konsep matematika materi penjumlahan dan
pengurangan.
Kata Kunci: PANJURA, penjumlahan dan pengurangan
date: 2024-02-28
date_type: published
institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
department: PGSD
thesis_type: skripsi
citation:   Aprilianto, Doni  (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PANJURA (PAPAN PENJUMLAHAN PENGURANGAN) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 2 CANAN.  S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.   
document_url: http://eprints.uny.ac.id/81084/1/Skripsi_Doni%20Aprilianto.pdf