<> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#comment> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81084> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81084> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Thesis> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81084> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Article> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81084> <http://purl.org/dc/terms/title> "PENGEMBANGAN MEDIA PANJURA (PAPAN PENJUMLAHAN\r\nPENGURANGAN) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP\r\nPENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI KELAS II SEKOLAH\r\nDASAR NEGERI 2 CANAN"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81084> <http://purl.org/ontology/bibo/abstract> "Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran\r\nbernama PANJURA (Papan Penjumlahan Pengurangan) yang layak, praktis dan\r\nefektif digunakan pada pembelajaran matematika materi penjumlahan dan\r\npengurangan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas II sekolah dasar.\r\nPenelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di kelas II SD Negeri 2\r\nCanan yaitu kurangnya pemahaman siswa mengenai materi operasi hitung\r\npenjumlahan dan pengurangan.\r\nJenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and\r\nDevelopment (R&D). Adapun model pengembangan dalam penelitian ini mengacu\r\npada model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe\r\nBranch pada tahun 2009. Model Pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan\r\nyaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Penelitian\r\ndilakukan di SD Negeri 2 Canan, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten. Subjek\r\nimplementasi pertama adalah 3 siswa dan subjek implementasi kedua adalah 12\r\nsiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket validasi\r\nmedia, angket validasi materi, angket respon guru dan angket respon siswa. Data\r\nhasil penelitian tersebut dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif.\r\nHasil penelitian menunjukan bahwa media PANJURA dinyatakan layak,\r\npraktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas II sekolah dasar.\r\nHasil validasi materi mendapatkan skor rata-rata 4,86 dengan kategori “Sangat\r\nLayak”. Hasil validasi media mendapatkan skor rata-rata 4,7 dengan kategori\r\n“Sangat Layak”. Hasil uji kepraktisan pada 3 siswa mendapatkan skor rata-rata 4,88\r\ndengan kategori “Sangat Praktis”. Hasil uji kepraktisan pada guru mendapatkan\r\nskor rata-rata 5 dengan kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil perhitungan\r\npre-test dan post-test menunjukan bahwa media PANJURA memiliki skor 0,75\r\nmasuk dalam kategori “Tinggi” dan skor 75% masuk dalam kategori “Efektif”.\r\nSehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran PANJURA termasuk\r\ndalam media yang memiliki tingkat efektifitas tinggi dan dapat meningkatkan\r\npemahaman kemampuan konsep matematika materi penjumlahan dan\r\npengurangan.\r\nKata Kunci: PANJURA, penjumlahan dan pengurangan"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81084> <http://purl.org/dc/terms/date> "2024-02-28" .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/668341> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Document> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81084> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81084> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81084> <http://purl.org/ontology/bibo/status> <http://purl.org/ontology/bibo/status/published> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81084> <http://purl.org/dc/terms/creator> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-0d0cf7343820b67c4c819188c0b5dbee> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81084> <http://purl.org/ontology/bibo/authorList> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81084#authors> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81084#authors> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#_1> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-0d0cf7343820b67c4c819188c0b5dbee> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-0d0cf7343820b67c4c819188c0b5dbee> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Person> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-0d0cf7343820b67c4c819188c0b5dbee> <http://xmlns.com/foaf/0.1/givenName> "Doni"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-0d0cf7343820b67c4c819188c0b5dbee> <http://xmlns.com/foaf/0.1/familyName> "Aprilianto"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-0d0cf7343820b67c4c819188c0b5dbee> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Doni Aprilianto"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81084> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/EPrint> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81084> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/ThesisEPrint> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81084> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/repository> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81084> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/668341> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/668341> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/668341> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "PENGEMBANGAN MEDIA PANJURA (PAPAN PENJUMLAHAN\r\nPENGURANGAN) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP\r\nPENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI KELAS II SEKOLAH\r\nDASAR NEGERI 2 CANAN (Text)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81084> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/668342> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/668342> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/668342> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "PENGEMBANGAN MEDIA PANJURA (PAPAN PENJUMLAHAN\r\nPENGURANGAN) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP\r\nPENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI KELAS II SEKOLAH\r\nDASAR NEGERI 2 CANAN (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/668342> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/668341> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/668342> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/668341> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/668342> <http://eprints.org/relation/isIndexCodesVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/668341> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81084> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/668343> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/668343> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/668343> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "PENGEMBANGAN MEDIA PANJURA (PAPAN PENJUMLAHAN\r\nPENGURANGAN) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP\r\nPENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI KELAS II SEKOLAH\r\nDASAR NEGERI 2 CANAN (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/668343> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/668341> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/668343> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/668341> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/668343> <http://eprints.org/relation/islightboxThumbnailVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/668341> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81084> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/668344> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/668344> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/668344> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "PENGEMBANGAN MEDIA PANJURA (PAPAN PENJUMLAHAN\r\nPENGURANGAN) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP\r\nPENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI KELAS II SEKOLAH\r\nDASAR NEGERI 2 CANAN (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/668344> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/668341> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/668344> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/668341> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/668344> <http://eprints.org/relation/ispreviewThumbnailVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/668341> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81084> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/668345> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/668345> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/668345> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "PENGEMBANGAN MEDIA PANJURA (PAPAN PENJUMLAHAN\r\nPENGURANGAN) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP\r\nPENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI KELAS II SEKOLAH\r\nDASAR NEGERI 2 CANAN (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/668345> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/668341> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/668345> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/668341> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/668345> <http://eprints.org/relation/ismediumThumbnailVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/668341> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81084> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/668346> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/668346> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/668346> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "PENGEMBANGAN MEDIA PANJURA (PAPAN PENJUMLAHAN\r\nPENGURANGAN) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP\r\nPENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI KELAS II SEKOLAH\r\nDASAR NEGERI 2 CANAN (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/668346> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/668341> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/668346> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/668341> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/668346> <http://eprints.org/relation/issmallThumbnailVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/668341> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81084> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#seeAlso> <http://eprints.uny.ac.id/81084/> .
<http://eprints.uny.ac.id/81084/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/title> "HTML Summary of #81084 \n\nPENGEMBANGAN MEDIA PANJURA (PAPAN PENJUMLAHAN&#13;\nPENGURANGAN) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP&#13;\nPENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI KELAS II SEKOLAH&#13;\nDASAR NEGERI 2 CANAN\n\n" .
<http://eprints.uny.ac.id/81084/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/format> "text/html" .
<http://eprints.uny.ac.id/81084/> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81084> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/subject/F4> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#Concept> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/subject/F4> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#prefLabel> "Matematika"@en .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81084> <http://purl.org/dc/terms/subject> <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/F4> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pssd_pgsd> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#Concept> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pssd_pgsd> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#prefLabel> "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81084> <http://purl.org/dc/terms/subject> <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pssd_pgsd> .