%0 Thesis
%9 S1
%A Aprilianto, Doni
%B PGSD
%D 2024
%F UNY:81084
%I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
%T PENGEMBANGAN MEDIA PANJURA (PAPAN PENJUMLAHAN  PENGURANGAN) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP  PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI KELAS II SEKOLAH  DASAR NEGERI 2 CANAN
%U http://eprints.uny.ac.id/81084/
%X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran  bernama PANJURA (Papan Penjumlahan Pengurangan) yang layak, praktis dan  efektif digunakan pada pembelajaran matematika materi penjumlahan dan  pengurangan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas II sekolah dasar.  Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di kelas II SD Negeri 2  Canan yaitu kurangnya pemahaman siswa mengenai materi operasi hitung  penjumlahan dan pengurangan.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and  Development (R&D). Adapun model pengembangan dalam penelitian ini mengacu  pada model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe  Branch pada tahun 2009. Model Pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan  yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Penelitian  dilakukan di SD Negeri 2 Canan, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten. Subjek  implementasi pertama adalah 3 siswa dan subjek implementasi kedua adalah 12  siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket validasi  media, angket validasi materi, angket respon guru dan angket respon siswa. Data  hasil penelitian tersebut dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif.  Hasil penelitian menunjukan bahwa media PANJURA dinyatakan layak,  praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas II sekolah dasar.  Hasil validasi materi mendapatkan skor rata-rata 4,86 dengan kategori “Sangat  Layak”. Hasil validasi media mendapatkan skor rata-rata 4,7 dengan kategori  “Sangat Layak”. Hasil uji kepraktisan pada 3 siswa mendapatkan skor rata-rata 4,88  dengan kategori “Sangat Praktis”. Hasil uji kepraktisan pada guru mendapatkan  skor rata-rata 5 dengan kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil perhitungan  pre-test dan post-test menunjukan bahwa media PANJURA memiliki skor 0,75  masuk dalam kategori “Tinggi” dan skor 75% masuk dalam kategori “Efektif”.  Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran PANJURA termasuk  dalam media yang memiliki tingkat efektifitas tinggi dan dapat meningkatkan  pemahaman kemampuan konsep matematika materi penjumlahan dan  pengurangan.  Kata Kunci: PANJURA, penjumlahan dan pengurangan