%L UNY81083
%D 2024
%I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
%X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPA pada siswa
kelas V SD Negeri Darat. Dalam pembelajaran siswa kurang berminat dengan
pembelajaran IPA, terlihat dari keterlibatan siswa yang kurang aktif dalam tanya
jawab. Selain itu, hanya 9 dari 22 siswa yang memperhatikan penjelasan guru,
siswa kurang tertarik dengan pembelajaran, serta siswa tidak memiliki rasa senang
terhadap pembelajaran IPA terlihat dari raut wajah siswa yang terpaksa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada
desain penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri
dari perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas V SD Negeri Darat tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 22
siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data penelitian
ini menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video
pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar IPA siswa kelas V SD Negeri
Darat. Peningkatan minat belajar IPA terlihat dari siswa yang lebih terlibat,
tertarik, merasa senang, dan lebih memperhatikan pembelajaran IPA. Peningkatan
minat terlihat dari siswa yang mencapai kriteria keberhasilan penelitian ini yaitu
pada skor kriteria minat sangat baik (80% - 100%) berjumlah 80% dari jumlah
siswa. Pada pra siklus sebanyak 18,1% atau 4 siswa, siklus I sebanyak 86,4% atau
19 siswa, dan siklus II sebanyak 100% atau seluruh siswa. Peningkatan pada
siklus II terjadi karena adanya perbaikan di siklus I. Perbaikan tersebut membuat
siswa lebih berminat terhadap pembelajaran IPA.
Kata Kunci: minat belajar IPA, media video pembelajaran
%A Sinta Ayuningsih
%T PENINGKATAN MINAT BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN
MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI
DARAT